Apple Hapus Aplikasi Stiker WhatsApp Pihak Ketiga di App Store

Setelah sekian purnama, akhirnya WhatsApp merilis fitur stiker di dalam aplikasi chat buatannya. Fitur ini sebenarnya sungguh sangat terlambat, karena berbagai layanan kompetitor sudah banyak yang mengimplementasikannya.

Sebut saja Line yang bisa dibilang adalah pelopor kepopuleran fitur stiker dalam sebuah layanan chatting alias pesan instan. Berbagai layanan lain seperti Telegram dan Facebook Messenger akhirnya merilis fitur stiker.

Yang unik dari stiker di WhatsApp ini adalah, selain terlambat, juga proses pendaftaran stiker yang bisa dibilang rumit. Namun kamu bisa membuat stiker WhatsApp sendiri dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Kini, seperti dilansir dari Digit, Apple resmi menghapus berbagai macam aplikasi pihak ketiga tersebut yang biasa digunakan untuk membuat stiker WhatsApp. Penghapusan ini tentu saja berdasarkan permintaan dari pihak WhatsApp.

Bukan cuma menghapus aplikasi stiker WhatsApp di App Store saja, WhatsApp juga kabarnya meminta Google untuk menghapus berbagai macam aplikasi serupa di toko aplikasi Android, Play Store.

Khusus untuk App Store, Apple punya aturan lain yang ketat. Aplikasi iOS yang boleh majang di App Store tidak boleh bergantung dengan aplikasi lain. Alasan lain adalah karena aplikasi serupa terlalu banyak ditemukan di App Store.

Sekedar informasi, stiker di WhatsApp harus didaftarkan secara resmi dengan cara mengikuti beragam aturan yang ketat. Jika tidak, maka stiker tidak bisa muncul di WhatsApp.

via Digit

  Aplikasi Favorit Tahun 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.