iOS 12.1.1 Bikin Dukungan Notifikasi via Haptic Touch di iPhone XR Mirip 3D Touch

Sebagai iPhone dengan harga murah, iPhone XR tentu mengalami banyak pemangkasan. Mulai dari penggunaan teknologi layar LCD yang lebih murah dari OLED hingga pemangkasan fitur 3D Touch.

3D Touch sendiri adalah fitur yang baru dipopulerkan di era iPhone 6S. Fitur ini sangat mirip dengan long press, hanya saja melibatkan tekanan yang lebih kuat. Fitur ini memerlukan hardware khusus sehingga tidak akan bisa diimplementasikan seperti layaknya long press biasa.

Di iPhone XR ini, Haptic Touch hadir sebagai pengganti 3D Touch. Cara menggunakan Haptic Touch di iPhone XR adalah dengan cara tekan dan tahan selama beberapa detik detik, beda dengan 3D Touch juga melibatkan kekuatan tekanan dalam menekan layar.

Hingga sekarang ini fitur Haptic Touch di iPhone XR baru tersedia pada bagian Lockscreen untuk mengakses kamera, cahaya flash, dan beberapa hal lain. Namun Haptic Touch bisa diotak-atik oleh Apple dengan cara update software.

Apple kabarnya memberikan fitur baru pada Haptic Touch di iPhone XR pada update iOS 12.1.1 ini. Dalam fitur baru tersebut memungkinkan pengguna untuk melakukan expand notification seperti pada iPhone dengan 3D Touch.

Cara penggunaanya adalah dengan menekan dan menahannya dalam kurun waktu tertentu hingga fitur ini aktif. Berbeda dengan 3D Touch yang membutuhkan tekanan lebih kuat untuk mengaksesnya.

Update ini tentu saja hanya berlaku untuk pengguna iPhone XR yang memiliki fitur Haptic Touch. Bagaimana menurutmu?

via 9to5mac

  6+ Perbedaan iOS di iPhone dan iPad  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.