Apple Tingkatkan Keamanan iOS 12, Kini Tak Bisa Dibobol oleh GrayKey

Dulu sewaktu Apple dimintai tolong oleh FBI untuk membobol iPhone dari pelaku penembakan, Apple menolak karena meskipun iPhone tersebut adalah milik pelaku kejahatan, Apple tetap berkomitmen untuk melindungi privasi pengguna.

Apple didukung oleh beberapa perusahaan lain seperti Microsoft dan Facebook karena tetap ngotot melindungi privasi pengguna. Mau tak mau FBI harus menggunakan jasa pihak ketiga. Sejak saat itu Apple tak mau berurusan dengan masalah seperti ini lagi.

Salah satu alat bernama GrayKey diciptakan. Alat ini dirancang agar bisa membobol semua perangkat iOS yang dikunci dengan passcode. Meskipun begitu, alat ini cuma tersedia untuk badan penegak hukum saja.

Apple tentu saja tahu kabar soal alat bernama GrayKey ini. Apple lantas menutup berbagai celah yang ada pada iOS, dan kini Apple sudah meningkatkan keamanan yang ada pada iOS 12 terbaru.

Terbukti, kini GrayKey tak lagi mampu membobol iOS 12. Hingga kini masih belum ada penjelasan mengenai cara yang digunakan Apple untuk memblokir GrayKey di iOS 12. Hal ini dibeberkan oleh Vladimir Katalov, CEO ElcomSoft.

GrayKey dikembangkan oleh perusahaan bernama Grayshift untuk menciptakan alat penjebol passcode yang ada pada sistem iOS. Sebelum ini, GrayKey memang benar-benar bisa menjebol sistem keamanan iOS.

Cuma perlu waktu sekitar 6 setengah menit saja untuk menjebol perangkat iOS dengan passcode 4 digit, serta butuh waktu sekitar 11 jam untuk bisa menjebol keamanan iOS dengan passcode 6 digit.

via 9to5mac

  6+ Perbedaan iOS di iPhone dan iPad  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.