Gabung Microsoft dan Google, Apple Siap Berantas Teknologi Web Kuno

Baru-baru ini, Mozilla bersama dengan Google dan Microsoft sepakat untuk segera menghilangkan penggunaan TLS 1.0 dan TLS 1.1 yang kini sudah dianggap usang dan ketinggalan jaman. Kabar terbaru, Apple kini resmi mengikuti langkah mereka.

Dalam tulisan terbaru Apple di blog WebKit, tim dari Apple Secure Transport menjelaskan bahwa TLS 1.0 dan TLS 1.1 adalah produk yang sudah kuno, yaitu teknologi tahun 1999 dan juga 2006, sementara itu TLS 1.2 dan yang lebih baru yang akan digunakan oleh Apple.

TLS sendiri adalah singkatan dari Transport Layer Security, adalah sebuah protokol keamanan yang sangat penting yang digunakan untuk melindungi trafik web site. Tentu saja teknologi keamanan terbaru adalah satu-satunya pilihan.

Kini TLS 1.2 adalah versi yang dinilai banyak pihak cocok untuk standar keamanan web saat ini. TLS 1.2 sendiri sudah menjadi standar di platform Apple dalam satu dekade terakhir, yang kini sudah mencapai 99,6% dari seluruh sambungan TLS di platform Apple.

Safari di macOS dan iOS akan benar-benar mengakhiri dukungan untuk TLS 1.1 dan juga TLS 1.0 pada bulan Maret tahun 2020 mendatang. Perusahaan yang tergabung dalam aliansi ini, yaitu Mozilla, Microsoft, dan Google juga akan melakukan hal yang sama di masa depan.

Untuk pengguna sendiri, kamu tak akan merasakan sesuatu yang berbeda. Yang akan kamu rasakan hanyalah pengalaman menjelajahi web dengan lebih aman dari sebelumnya.

via 9to5Mac

  6+ Perbedaan iOS di iPhone dan iPad  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.