Apple mendonasikan 1000 Apple Watch untuk penlitian yang bertujuan melacak perubahan biologis pada seseorang yang menderita kelainan kebiasaan makan di sekolah medis University of North Carolina.

Kelainan kebiasaan makan (Eating disorder) atau yang dikenal buimia nervosa merupakan kelaian dimana seseorang sangat mudah lapar dan makan dalam jumlah yang sangat dalam rentang waktu yang singkat. Selain itu penderita juga mengalami perubahan berat badan yang drastis (naik dan turun) dalam waktu yang cepat.

Dalam penelitian tersebut, setiap partisipan penelitian akan mendapatkan Apple Watch gratis dari Apple, sehingga peniliti mampu memonitor detak jantung jika ada lonjakan ketika nafsu makan tersebut menyerang. Partisipan juga mendaftar ke aplikasi mobile bernama Recovery Record yang bertujuan untuk mencatat pikiran dan perasaan partisipan untuk dibagikan ke ahli kesehatan profesional setiap sesinya.

Sebagai tambahan, partisipan juga akan menerima test untuk menganalisa genetik dan bakteri tubuh, sehingga peneliti mampu lebih mudah memahami akar dari penyebab kelainan tersebut. Hasil data dari penelitian ini diharapkan mampu membantu memprediksi kelainan kebiasaan makan sebelum benar-benar menyerang seseorang.

Siapa sangka Apple Watch yang dulu hanya sebagai aksesoris tambahan kini menjadi perangkat yang berperan penting untuk memantau kesehatan seseorang. Apakah kamu memiliki pengalaman menarik mengenai kesehatan dengan Apple Watch milikmu? Bagikan disini ya!

via MacRumors

  6+ Perbedaan iOS di iPhone dan iPad  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.