Akuisisi Resmi Akuisisi Startup Analitik Musik, Asaii

Sudah bukan hal baru lagi jika Apple mengambil langkah akuisisi untuk memperkaya fitur dan teknologi yang ada pada berbagai macam platformnya. Kini Apple diketahui mengakuisisi sebuah startup bernama Asaii.

Asaii sendiri adalah startup analitik musik dengan machine learning. Proses akuisisi ini memang belum dipublikasikan oleh Apple, namun dilansir dari MacRumors, Apple mengakuisisi Asaii dengan mahar tak lebih dari $100 juta.

Pendiri Asaii adalah orang-orang yang ahli di bidangnya, seperti Sony Theakanath, Austin Chen, dan Chris Zhang. Mereka juga pernah bekerja di Apple, Facebook, Uber, Salesforce, hingga Yelp. Beberapa dari mereka kini memperbarui profil mereka sebagai salah satu pemegang jabatan di Apple Music sejak 2018.

Teknologi yang ditawarkan oleh Asaii adalah teknologi machine learning yang mampu mengambil data dari sosial media dan berbagai layanan streaming musik dan mampu menampilkan informasi berupa penyanyi atau grup musik yang sedang jadi trending.

Dengan demikian, pihak musik label yang menggunakan layanan dan teknologi dari Asaii ini akan mampu membuat program promosi yang lebih efektif dan efisien untuk artis yang sedang jadi trending tersebut.

Cukup menarik untuk menantikan gebrakan apa yang akan dilakukan oleh Apple setelah proses akuisisi Asaii ini. Apple bisa jadi akan memanfaatkan teknologi Asaii untuk mengembangkan Apple Music.

Apple bisa membuat bagian konten rekomendasi untuk para pengguna menjadi lebih relevan. Cara yang dilakukan Apple ini berbeda dengan Spotify yang bekerja sama dengan artis dan musik label secara langsung.

via MacRumors

  6+ Perbedaan iOS di iPhone dan iPad  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.