Polisi Dihimbau Untuk Tidak Menatap iPhone yang Dikunci dengan Face ID

Apple memang sudah memperkenalkan teknologi Face ID beberapa waktu yang lalu. Face ID dianggap sebagai kemajuan dalam hal teknologi keamanan meskipun banyak juga pihak yang masih kurang begitu percaya.

Cara kerja Face ID ini juga terbilang otomatis, yaitu ketika pengguna menatap iPhone dan menghadapkan wajahnya, maka Face ID akan langsung bekerja. Tentu hal ini menjadi lebih praktis ketimbang Touch ID yang harus menyentuh tombol Home.

Hal inilah yang menjadi fokus kepolisian di Amerika Serikat. Ya, Polisi di Amerika Serikat sana dianjurkan untuk tidak melihat iPhone pelaku kejahatan secara langsung jika iPhone tersebut dikunci oleh Face ID.

Tujuannya adalah agar iPhone tersebut tidak kehilangan satu kesempatan penggunaan Face ID. Sama seperti Touch ID, Face ID juga memiliki beberapa kesempatan percobaan yang terbatas. Jika salah 5 kali berturut-turut, maka Face ID maupun Touch ID akan dinonaktifkan dan pengguna harus menggunakan Passcode tradisional.

Himbauan ini muncul di salah satu presentasi keamanan forensik iOS dari Elcomsoft. Di sana tertulis bahwa penggunaan Face ID dan Touch ID hanya punya kesempatan yang terbatas, yaitu 5 kali saja.

Masih ingat dengan kasus Craig Federighi yang gagal ketika mempresentasikan Face ID untuk pertama kalinya? iPhone X yang dia gunakan ternyata sudah ditatap beberapa kali oleh orang yang mempersiapkan panggung presentasi. Karena bukan wajah Craig yang dipindai, maka Face ID akan mati dengan sendirinya jika 5 kali percobaan berturut- turut gagal.

via MacRumors

  6+ Perbedaan iOS di iPhone dan iPad  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.