Benarkah Kamera Depan iPhone XS Tak Ada BeautyGate?
via Apple

Masih ingat dengan isu BeautyGate di kamera depan iPhone XS beberapa hari yang lalu. Ya, kamera depan iPhone XS dianggap menghasilkan foto yang “dipermak” sehingga lebih mirip seperti filter kecantikan, makeup, atau efek smoothing.

Banyak yang langsung menduga bahwa Apple sengaja memperbagus hasil kamera iPhone XS agar disukai oleh mereka yang doyan selfie. Kini pengembang Halide ikut memberikan komentar.

Sebastiaan de With, sang pengembang aplikasi Halide mengaku sudah menganalisis kamera iPhone XS secara menyeluruh. Menurutnya, tak ada #BeautyGate di kamera iPhone XS.

Menurutnya, pengguna cuma melihat adanya efek kontras yang berbeda dari sebelumnya, serta adanya mode noise reduction yang baru yang lebih baik. Hal ini ada hubungannya dengan cara otak melihat gambar.

Developer Halide menjelaskan bahwa Apple telah berhasil membuat sensor kamera lebih besar di iPhone Xs. Selain itu, berbagai hal di kamera iPhone XS memang baru dan belum pernah ada di iPhone sebelumnya, khususnya pada bagian fotografi komputasional dari Apple A12.

Nah, masalah timbul ketika iPhone mengambil foto RAW yang menghasilkan foto yang terlalu terang alias over exposure karena kamera menggunakan exposure pendek dan ISO lebih tinggi.

Apapun itu, namun yang pasti masalah ini bukanlah masalah hardware. Jika masalah ini adalah masalah hardware, tentu saja satu-satunya cara agar bisa mengatasi masalah BeautyGate ini adalah mengganti kamera iPhone.

Karena masalah ini ada pada software, kita tunggu saja sampai ada update terbaru dari Apple untuk iPhone XS.

via Halide Blog

  Path Resmi Ditutup, RIP!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.