macOS Mojave sudah resmi dirilis dan buat kamu pengguna Mac, khususnya yang masih pemula, inilah panduan lengkap cara update Mac ke macOS Mojave terbaru.

NB: Pastikan Subscribe channel Kepoin Tekno untuk tips dan info terupdate teknologi setiap hari.


Buat kamu yang lebih suka membaca panduan lengkap cara install macOS Mojave daripada menonton videonya, berikut MacPoin sertakan panduannya dalam format artikel.

Sebelum update Mac ke macOS Mojave, pastikan kamu sudah melakukan beberapa persiapan yang udah saya bagi di video sebelumnya. Jika sudah, langsung aja buka App Store, dan cari Mojave – atau klik aja link download macOS Mojave ini.

Setelah itu download aja macOS Mojave, update ini gratis ya, jadi kamu tinggal download aja dengan ukuran sekitar 5,7GB. Begitu proses download selesai, popup instalasi akan muncul. Tapi saran saya jangan langsung install, tapi buka dulu Finder, lalu ke folder Application, dan copy installer macOS Mojave ini ke hardisk eksternal atau ke folder lain untuk keperluan backup.

Langkah ini recommended terutama buat kamu yang punya lebih dari satu Mac, jadi bisa update di Mac lain tanpa download ulang, atau, sekedar untuk keperluan lain di kemudian hari, misalkan untuk bikin Bootable USB macOS, siapa tahu suatu saat butuh dan ingin install ulang jadi nggak perlu download lagi.

Jika sudah lanjutkan saja proses install dengan klik Continue, dan ikuti wizardnya. Selama proses install sebaiknya kamu tancapkan charger ya bagi pengguna MacBook. Dan pilih lokasi tempat diinstalllnya Mojave, defaultnya Macintosh HD.

Dan sekarang tinggal ikuti langkah instalasinya dan tunggu sampai proses selesai. Proses ini memakan waktu sekitar 30 sampai 45 menit, jadi sabar aja menunggu sampai macOS Mojave tuntas terinstall.

Begitu selesai terinstall, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah update semua aplikasi, baik melalui App Store atau manual dari masing-masing aplikasi, karena biasanya developer bakal merilis update agar semakin kompatibel dengan macOS Mojave ini.

Selanjutnya kamu tinggal eksplorasi aja fitur baru di macOS Mojave, yang juga sudah pernah saya bagikan sebelumnya.

Cek semua link penting di deskripsi, dan sampaikan aja di kolom komentar kalo ada yang ingin kamu tanyakan seputar macOS Mojave ini. Sampai ketemu lagi di ulasan menarik lainnya, besok