Cara Mengatasi YaraScanService yang Habiskan RAM Mac

Mac dan MacBook dilengkapi dengan macOS yang terkenal lebih stabil dari sistem operasi lain, semisal Windows dan berbagai distro Linux. Hal ini karena Apple merancang perangkat keras dan perangkat lunak mereka sendiri sehingga mereka bisa menerapkan standar tinggi terhadap performa komputer Mac.

Namun bukan berarti Mac tanpa cacat. Banyak pengguna Mac mengalami masalah Mac dan MacBook lemot setelah update ke macOS High Sierra 10.13.6 atau macOS Mojave terbaru. Ya, salah satu penyebab Mac lemot adalah karena YaraScanService menghabiskan seluruh memori RAM komputer.

Tidak tanggung-tanggung, YaraScanService bisa makan RAM hingga lebih dari 40GB. Ya, benar! 40GB! Ini bukan typo, karena begitulah yang pernah saya alami dan saya lihat sendiri di Activity Monitor.

Cara Mengatasi YaraScanService yang Habiskan RAM Mac

Penggunaan memori RAM hingga lebih dari 40GB ini sebenarnya tidak ada apa-apanya. Kinerja Mac tetap tidak terlalu mengalami penurunan kinerja meski memory pressure tinggi di macOS. Masalahnya adalah memori swap yang digunakan menjadi makin besar, dan membuat SSD penuh atau harddisk penuh.

Apa sebenarnya YaraScanService? Bagaimana cara mengatasi YaraScanService di macOS Mojave atau High Sierra 10.13.6 terakhir tersebut? Jika kamu pikir YaraScanService adalah virus Mac, ternyata bukan.

YaraScanService adalah salah satu fitur MRT (Malware Removal Tool) bawaan di Mac. Meskipun YaraScanService memindai banyak file dan folder, tetap saja sangat tidak wajar jika menggunakan memori hingga 40GB.

Cara mengatasi YaraScanService di Mac ini sebenarnya sangat mudah. Cukup kill atau force quit saja processnya di Activity Monitor. Namun dengan cara seperti ini YaraScanService akan muncul lagi.

Solusinya adalah kosongkan folder Download. YaraScanService memindai folder Download secara menyeluruh. Jika folder Download banyak file, maka YaraScanService semakin banyak juga memakan memori RAM Mac kamu.

Sebenarnya YaraScanService ini bisa hilang secara permanen di Mac kamu dengan sendirinya. Kamu tak perlu menghapusnya secara manual karena berisiko merusak sistem macOS kamu. Yang jadi masalah adalah, kita tidak pernah tahu kapan YaraScanService menghilang di Mac.

Beberapa hari yang lalu saya update ke High Sierra 10.13.6 setelah beberapa bulan masih bertahan di macOS versi yang lebih lawas. Saya kaget YaraScanService memakan lebih 40GB memori dan menghabiskan banyak memori swap. Saya kill, muncul lagi, dan akhirnya saya biarkan hingga benar-benar hilang dari Mac.

Bagaimana? Kamu mengalaminya juga?

  Path Resmi Ditutup, RIP!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.