Meski Cuma Satu Kamera, iPhone XR Bisa Foto Bokeh

iPhone XR adalah iPhone terbaru dari Apple selain dari seri iPhone XS dan juga iPhone XS Max. iPhone XR ini dibanderol dengan harga yang terbilang lumayan murah untuk ukuran iPhone terbaru dengan fitur canggih.

Namun berbagai fitur akan dipangkas jika dibandingkan dengan iPhone XS, seperti penggunaan layar OLED Super Retina Display diganti dengan layar LCD Liquid Retina Display, serta pemangkasan kamera yang tidak menggunakan lensa ganda, tetapi satu lensa tunggal.

Meskipun cuma punya 1 lensa tunggal, namun kamera iPhone XR bisa mengambil foto dengan efek bokeh seperti pada kebanyakan smartphone dengan dua lensa kamera, yang terdiri dari lensa tele dan lensa wide angle.

Rahasianya kehebatan dari kamera iPhone XR ini ada pada algoritma khusus yang ada di dalam perangkat lunak kamera iPhone XR. Algorima ini meniru lensa kamera DSLR di setiap aperture, lalu menciptakan hasil gambar yang mirip dengan efek bokeh. Teknologi ini sering disebut Lens Modelling.

Dengan algoritma seperti ini, foto dengan efek bokeh bisa dipakai untuk selfie dengan menggunakan kamera depan, yang sama-sama juga cuma terdiri dari satu unit lensa tunggal saja.

Fitur foto dengan efek bokeh seperti ini baru populer di iPhone 7 Plus yang menjadi iPhone pertama dengan lensa ganda. Fitur yang diberi nama Portrait Mode ini dirilis dengan status Beta di iOS 10 dan benar-benar sempurna di iOS 11.

via Apple Insider

  Path Resmi Ditutup, RIP!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.