iOS dan macOS Bisa Crash Karena Bug CSS di WebKit

Lagi, ditemukan bug aneh yang menyerang perangkat iOS dan macOS. Untuk kamu pengguna iPhone, iPad, iPod Touch, dan komputer Mac, kamu perlu waspada jika membuka halaman web atau link yang tidak kamu kenal.

Pasalnya, jika kamu membuka halaman web tertentu maka perangkat kamu bisa mengalami lag, freeze, hingga crash yang menyebabkan restart. Penyebabnya adalah karena adanya kode CSS tertentu di halaman web tersebut.

Dilansir dari BleepingComputer, sebuah bug pada WebKit membuat seluruh web browser yang menggunakan rendering engine WebKit terjangkit masalah ini. Bug ini berupa -webkit-backdrop-filter CSS property.

Secara sederhana, ketika kamu membuka halaman web yang mengandung kode tertentu, maka perangkat tersebut akan langsung melambat, freeze, crash, bahkan kernel panic dan restart sendiri.

Web browser yang menggunakan WebKit rendering engine adalah Safari di macOS dan juga seluruh web browser yang ada di iOS. Hal ini karena Apple hanya mengizinkan WebKit untuk dipakai di aplikasi pihak ketiga yang ingin bisa nongol di App Store.

Untuk web browser lain yang tidak menggunakan WebKit tidak mengalami masalah ini. WebKit sendiri adalah rendering engine buatan Apple, yang juga sangat diandalkan Apple untuk dipakai di berbagai produk buatannya.

Untuk sampel kode dan halaman web yang mengandung kode tersebut sudah ada di dalam artikel sumber, namun saran saya mending gak usah main-main dengan mencoba membuka halaman web yang mengandung kode tersebut. Kita tunggu saja sampai Apple merilis update untuk memperbaiki masalah ini.

via BleepingComputer

  3 Cara Update iPhone ke iOS 12 Final  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.