Review: Tuneskit iPhone Data Recovery untuk Mac

Kehilangan data penting di iPhone — atau bahkan iPad? Jangan panik dulu. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikannya.

Kehilangan data di iPhone memang bukan hal yang sering terjadi, tetapi bukan hal yang mustahil juga untuk terjadi. Ada berbagai macam penyebab kenapa data di iPhone bisa hilang. Bisa jadi karena teledor melakukan reset padahal belum melakukan backup, atau bisa juga karena tidak sengaja terhapus, atau bisa juga karena terpaksa reset iPhone tanpa persiapan backup akibat suatu permasalahan tertentu yang tidak bisa diselesaikan.

Tetapi apapun alasannya, ada beberapa hal yang bisa kamu coba jika mengalami kehilangan data di iPhone.

Pertama, jika data yang hilang adalah foto — dan ini terjadi karena tidak sengaja terhapus, kamu bisa cek album Recently Deleted di aplikasi Photos. Semua foto yang dihapus bakal ada disana secara aman selama 30 hari, membuat kamu bisa mengembalikannya dengan mudah jika tak sengaja menghapus foto di iPhone. Jika tidak ada di album Recently Deleted, kamu bisa cek di iCloud.com. Jika fitur sinkronisasi iCloud kamu aktifkan, maka bisa jadi foto tersebut masih tersimpan disana.

Jika data yang hilang adalah kontak, notes, atau Safari Bookmarks, kamu juga bisa restore dengan mudah melalui iCloud.com, lalu buka halaman Settings. Saat kamu scroll kebawah maka akan muncul berbagai opsi untuk restore data seperti kontak, notes, Safari Bookmarks, dsb. Tinggal pilih aja mana yang kamu suka.

Tetapi jika semua cara umum diatas belum berhasil mengembalikan file iPhone yang hilang, kamu bisa mencoba cara alternatif lain seperti menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Di artikel ini MacPoin bakal mengulas salah satu iPhone Data Recovery Tool besutan Tuneskit, yaitu Tuneskit iPhone Data Recovery. Aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar seharga $49,95 — tetapi sebelum membelinya, kamu bisa download versi trialnya secara gratis. Versi trial ini bisa kamu gunakan untuk scan file yang hilang atau terhapus di iPhone, jadi sebelum memutuskan beli, kamu bisa memastikan dulu bahwa file yang ingin kamu kembalikan bisa ditemukan oleh aplikasi ini.

Review: Tuneskit iPhone Data Recovery untuk Mac

Dari halaman utamanya, Tuneskit iPhone Data Recovery mengklaim mampu mengembalikan lebih dari 20 jenis file yang hilang dan terhapus di iPhone / iPad / iPod touch — termasuk foto, video, kontak, WhatsApp, Viber, Notes, dsb.

Aplikasi ini mampu menemukan file yang hilang, langsung dari dalam iPhone itu sendiri — atau melalui iTunes dan iCloud backup. Untuk melihat seperti apa cara kerja aplikasi ini, langsung aja kita coba bersama-sama.

Pertama, download dulu Tuneskit iPhone Data Recovery Mac. Versi trialnya bisa kamu download gratis untuk melihat apakah aplikasi ini mampu menemukan file kamu yang hilang.

Jika sudah, kamu tinggal jalankan saja aplikasi Tuneskit iPhone Data Recovery. Setelah itu hubungkan iPhone ke Mac.

Review: Tuneskit iPhone Data Recovery untuk Mac

Aplikasi ini bakal langsung mendeteksi iPhone kamu, kini tinggal centang saja data apa yang ingin kamu scan dan coba kembalikan.

Review: Tuneskit iPhone Data Recovery untuk Mac

Jika sudah, tekan scan.

Review: Tuneskit iPhone Data Recovery untuk Mac

Setelah proses scanning selesai, maka berbagai data yang berhasil ditemukan bakal ditampilkan di sebelah kanan — dan kategorinya ditampilkan di panel sebelah kiri.

Review: Tuneskit iPhone Data Recovery untuk Mac

Kamu bisa pilih aja kategori file apa yang ingin kamu lihat, misalnya foto, pilih aja Photos.

Review: Tuneskit iPhone Data Recovery untuk Mac

Jika ternyata software ini berhasil menemukan data kamu yang hilang, kamu tinggal pilih dan centang saja file tersebut, lalu klik Recover.

Review: Tuneskit iPhone Data Recovery untuk Mac

Sayangnya versi trial hanya bisa digunakan untuk scanning saja. Untuk mengembalikan file tersebut kamu harus menggunakan versi premium berbayarnya.

Review: Tuneskit iPhone Data Recovery untuk Mac

Saat ini Tuneskit iPhone Data Recovery untuk Mac dijual seharga $49,95. Tetapi tentu sebelum beli, pastikan dulu melalui versi trial diatas — apakah aplikasi ini bisa menemukan data kamu yang hilang ataukah tidak. Jika ternyata bisa, dan memang data tersebut sangat penting untuk dikembalikan, maka tidak ada ruginya membeli lisensi premiumnya.

Itulah sedikit ulasan tentang Tuneskit iPhone Data Recovery untuk Mac. Sampaikan aja di kolom komentar jika kamu punya pengalaman kehilangan data di iPhone, dan bagikan tipsnya jika pernah berhasil mengembalikannya. Sampai bertemu di artikel selanjutnya.