Aplikasi Adware Doctor Terbukti Curi Data Pengguna Mac

Berbagai software keamanan seperti anti malware seharusnya menjadi software yang memberikan keamanan lebih. Namun bagaimana jadinya jika software keamanan tersebut justru melakukan tindakan yang tidak semestinya?

Salah satu contohnya adalah Adware Doctor. Software ini terbukti mencuri berbagai data dan informasi yang ada pada komputer pengguna, lalu mengirimkan seluruh informasi yang didapatkan ke server yang ada di China.

Parahnya lagi, software ini terpampang di Mac App Store, yang mana dijamin Apple keamanan dari setiap software yang ada di sana. Alhasil, Apple menarik aplikasi Adware Doctor tersebut dari Mac App Store.

Adware Doctor sendiri adalah salah satu software yang diklaim sebagai salah satu anti malware yang ada untuk macOS. Uniknya lagi, aplikasi ini menjadi salah satu jajaran aplikasi berbayar yang laris di Mac App Store, dengan rating 4.8 dari lebih dari 7000 review.

Secara fungsional, aplikasi ini memang bekerja seperti apa yang dikatakan dalam deskripsi aplikasi di Mac App Store. Namun sang pengembang tidak memberikan informasi apapun mengenai data apa saja yang diambil dari pengguna serta mengirimkan data tersebut untuk keperluan apa saja.

Tingkah laku aplikasi ini pertama kali diketahui oleh peneliti keamanan dari Privacy 1st. Adware Doctor terbukti mengambil beragam data dan informasi yang ada pada history browser Mac lalu mengirimkannya ke suatu server yang ada di China.

via Mashable

  3 Cara Update iPhone ke iOS 12 Final  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.