Derita Para Fanboy di Tengah Kesuksesan Besar Apple

Saat ini, ada indikasi bahwa Apple diam-diam sedang mempersiapkan sebuah perangkat kacamata AR yang diperuntukkan untuk ‘produk inovatif’ selanjutnya.

Perusahaan yang bermarkas di Cupertino ini dilaporkan sedang berupaya untuk menghadirkan seorang senior system neuroscientist, dan persyaratan yang disebutkan Apple untuk tipe pekerjaan ini mengisyaratkan bahwa mereka membutuhkan seseorang yang andal untuk menangani produk kacamata. Dalam persyaratan juga disebutkan ‘pengalaman selama 5 tahun’ dalam eksperimen perancangan ‘untuk meneliti hubungan neural dengan persepsi, tindakan, atau kognisi’ serta juga ‘keahlian mendalam dalam indera persepsi (misalnya, penglihatan tingkat menengah hingga tingkat tinggi) juga pengalaman penelitian menyeluruh dalam semua hal berikut:multi-sensorik, integrasi sensorimotor, persepsi mendalam, pengambilan keputusan, pengkodean dan penguraian kode neural’.

Petunjuk lain, calon karyawan ini akan bekerja di Tim Pengembangan Teknologi Apple, yang mana masih sangat samar dan kemungkinan memiliki penjelasan lebih luas.

Saat wartawan menanyakan, Apple menjawab bahwa tugas Tim Pengembangan Teknologi adalah sebagai berikut:

Tim Pengembangan Teknologi saat ini mencari seorang ilmuwan neurosains yang sangat bersemangat terhadap penelitian otak dan penerapannya untuk mengembangkan neurotechnology yang bersifat transformatif. Anda harus memiliki latar belakang penelitian yang kuat dan telah memberikan kontribusi asli terhadap sains dasar melalui gabungan pendekatan eksperimen dan komputasional. Anda telah mengembangkan eksperimen yang cerdas dan melakukan analisis kuantitatif terhadap serangkaian set data yang kompleks, dengan wawasan kemampuan menarik temuan baru.”

Augmented reality, sebagai teknologi umum bahkan jauh lebih spesifik dibandingkan produk kacamata mana pun. Kini hal ini mulai dibicarakan sebagai calon ‘hal besar’ yang akan diwujudkan oleh Apple. Mantan engineer perangkat lunak Apple, Ken Kocienda, baru saja mengungkap pada CNBC bahwa menurutnya AR akan menjadi bagian dari produk-produk baru yang akan populer selanjutnya. Jika kamu tidak familiar dengan Ken, dia adalah orang yang merancang sistem autocorrect dan semua sistem keyboard perangkat Apple, mencakup iPhone dan iPad.

CEO Apple, Tim Cook juga semakin sering membicarakan kemungkinan AR sebagai ‘pengubah permainan. ARKit 2.0 akan menjadi bagian dari versi iOS baru dan ini bisa jadi merupakan isyarat bahwa Apple tengah menyiapkan sebuah perangkat headset AR.

Jika memang demikian, mungkin kita akan dapat sekalian menantikan pengumumannya di acara tanggal 12 September nanti. Meskipun bukan sebuah produk jadi, tapi setidaknya sebuah demo yang akan memberi isyarat ke arah sana.

 

 

Sumber: BGR

  Aplikasi Favorit Tahun 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.