Aplikasi App Store Kini Harus Punya Privacy Policy

Untuk kamu pengembang aplikasi iOS dan sudah punya aplikasi yang masuk ke App Store, ada pengumuman penting untuk kamu. Ya, dalam sebuah pengumuman baru disebutkan bahwa Apple mengharuskan sebuah aplikasi di App Store untuk memiliki halaman Privacy Policy alias kebijakan privasi sendiri.

Jika kamu sebelumnya sudah terdaftar ke dalam Apple Developer dan sudah punya aplikasi iOS di App Store, kamu pasti sudah mendapatkan pengumuman ini yang dikirim melalui App Store Connect.

Aturan baru ini juga terbilang “nyleneh”. Pasalnya, aplikasi sederhana yang tidak membutuhkan koneksi internet dan tidak mengambil informasi pengguna juga diharuskan untuk ikut kebijakan baru ini. Aturan ini akan mulai aktif berlaku pada 3 Oktober 2018 mendatang.

Sebenarnya sejak dulu Apple sudah memiliki field privacy policy URL metadata yang bisa diisikan oleh pengembang aplikasi yang hendak merilis aplikasi miliknya ke App Store. Namun tidak semuanya wajib karena cuma aplikasi tertentu saja yang diharuskan memiliki kebijakan privasi yang jelas.

Apple ingin agar para pengembang aplikasi pihak ketiga memberikan informasi selengkap-lengkapnya dan sejelas-jelasnya mengenai data pengguna apa saja yang dikumpulkan dan akan dipakai untuk apa saja.

Apple juga tidak akan segan untuk menolak aplikasi baru atau aplikasi lama yang tidak punya halaman kebijakan privasi yang jelas. Jadi buat kamu yang mendapatkan pemberitahuan ini, buruan segera perbarui informasi aplikasi kamu di App Store.

via 9to5mac

  3 Cara Update iPhone ke iOS 12 Final  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.