Apple CarPlay Lebih Bagus dari Android Auto

Sudah bukan hal baru lagi jika salah satu penilaian dalam menilai produk tersebut lebih bagus dan lebih baik dari produk lain adalah tingkat kepuasan pengguna. Kini dua produk yang menjadi objek penilaian adalah Apple CarPlay dan Android Auto.

Apple CarPlay adalah salah satu teknologi Apple yang memungkinkan pengguna bisa seolah-olah memindahkan fungsi dari iPhone miliknya ke dalam sebuah perangkat yang bernama CarPlay. Sama seperti CarPlay, perangkat Android juga bisa menggunakannya dengan teknologi Android Auto.

Sebuah survey dari J.D. Power, seperti yang dilansir dari MacRumors, mengungkapkan bahwa pengguna Apple CarPlay ternyata lebih puas ketimbang pengguna Android Auto. Dengan menggunakan skala poin 1000, pengguna CarPlay mendapatkan nilai 777 sementara Android Auto 748.

Untuk masalah experience, CarPlay memang tetap menjadi yang terbaik. Satu-satunya area di mana CarPlay dianggap belum mampu bersaing dengan fitur pada Android Auto adalah di sektor fitur navigasi.

Seperti yang kita ketahui, Apple CarPlay masih belum mendukung Google Maps dan masih mengandalkan Apple Maps. Kualitas Apple Maps di beberapa negara maju seperti Amerika Serikat memang bisa dibilang sudah sangat bagus, namun di kebanyakan negara, Apple Maps kalah jauh ketimbang Google Maps.

Untungnya di iOS 12 pengguna sudah bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga ke CarPlay. Dengan demikian, Google Maps tentu saja bisa digunakan di sana dan menggantikan Apple Maps sebagai fitur navigasi.

via MacRumors

  Aplikasi Favorit Tahun 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.