Cara Mengatasi iPhone Error 4013 Saat Update / Restore

Beberapa diantara kamu mungkin ada yang mendapati error 4013 saat mencoba update atau restore iPhone. Biasanya error 4013 di iPhone ini disebabkan oleh terputusnya koneksi antara iPhone dan iTunes saat proses update / restore berlangsung — atau bisa juga karena permasalahan lain yang membuat iTunes tidak bisa melanjutkan proses update / restore di iPhone. Error 4013 ini biasanya muncul di iTunes dengan pesan “The iPhone could not be restored. An unknown error (4013)” — dan jika kamu mengalaminya, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi error 4013.

Memperbaiki Error 4013 dengan iTunes

Pertama pastikan dulu iTunes di laptop / PC kamu adalah versi yang paling baru. Setelah itu restart paksa iPhone dengan menekan kombinasi tombol berikut ini:

  • iPhone X, iPhone 8, atau iPhone 8 Plus: Tekan dan cepat lepas Volume Up, Tekan dan cepat lepas Volume Down, lalu Tekan tahan tombol power sampai muncul logo Apple.
  • iPhone 7 atau iPhone 7 Plus: tekan dan tahan tombol power + volume down sampai muncul logo Apple
  • iPhone 6s atau yang lebih lawas / iPad: tekan dan tahan tombol home + power sampai muncul logo Apple

Jika sudah, hubungkan iPhone / iPad ke iTunes, dan saat ada pilihan Update atau Restore — pilih Update supaya iOS di-install ulang dengan tetap mempertahankan data.

Tetapi jika dengan cara Update tersebut masih bermasalah, atau berhasil update tetapi malah booting ke recovery mode, maka ulang lagi cara diatas, tetapi untuk kali ini pilih Restore.

Memperbaiki Error 4013 dengan Dr. Fone

Jika dengan cara update / restore melalui iTunes masih tetap bermasalah, maka kamu bisa mencoba memperbaiki Error 4013 menggunakan aplikasi Dr. Fone. Dengan tool ini kamu bisa memperbaiki iPhone Error 4013 tanpa menggunakan iTunes.

Pertama kamu tinggal download aja Dr. Fone Repair, tetapi perlu kamu tahu bahwa agar fiturnya berfungsi penuh, kamu perlu menggunakan Dr. Fone Repair versi berbayar.

Setelah itu tinggal jalankan saja Dr. Fone dan pilih Repair.

Cara Mengatasi iPhone Error 4013 Saat Update / Restore

Hubungkan iPhone ke Dr. Fone menggunakan kabel USB, iPhone akan langsung terdeteksi. Kini kamu tinggal klik Start saja.

Cara Mengatasi iPhone Error 4013 Saat Update / Restore

Setelah itu ikuti instruksi di layar untuk masuk ke mode DFU.

Cara Mengatasi iPhone Error 4013 Saat Update / Restore

Terakhir, Dr. Fone akan otomatis mendeteksi seri iPhone kamu dan memilih iOS terbaru — kamu tinggal klik Download.

Cara Mengatasi iPhone Error 4013 Saat Update / Restore

Begitu firmware iOS selesai terinstall di iPhone / iPad, tunggu saja sampai iPhone siap — dan ikuti instruksi yang ada di layar.

Cara Mengatasi iPhone Error 4013 Saat Update / Restore

Setelah selesai, iPhone akan kembali normal dan masalah error 4013 sudah teratasi.

Sampaikan di kolom komentar kalo kamu masih mengalami masalah iPhone error 4013 tersebut, atau bagikan pengalaman kamu jika punya tips lain untuk mengatasinya.