Beberapa hari lalu Apple merilis iOS 12 Developer Beta 10 dan iOS 12 Public Beta 8, buat kamu yang penasaran, inilah review lengkapnya.

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno untuk tips dan info terbaru teknologi setiap hari


Bagi kamu yang lebih suka membaca daripada menonton review iOS 12 Beta 10 dan Public Beta 8 diatas, berikut ini MacPoin sertakan ulasannya dalam format artikel.

Pertama ini adalah update yang sangat minor, di iPhone 7 saya ukuran Beta 10 ini cuman 200MB. Bahkan kalo kamu pake iPhone X, ukurannya lebih kecil lagi.

Sepanjang yang saya coba hampir nggak ada tambahan fitur baru di iOS 12 Beta 10 — begitu juga di Public Beta 8.

Tetapi performa makin lancar dan smooth banget. Kalo kamu cek di detail storage, ukuran file sistem lebih kecil dari di beta sebelumnya. Artinya Apple udah mulai bersih-bersih code dan komponen yang nggak diperlukan — untuk bersiap di perilisan finalnya.

Tidak adanya fitur baru menunjukkan kalau Apple sudah fokus ke perbaikan bug aja, dan build ini sudah dekat banget dengan Golden Master — yang mungkin bakal dirilis awal bulan september nanti.

iOS 12 Beta ini beda banget dengan iOS 11 beta dulu. Di iOS 11 beta dulu, performanya sangat buruk — bahkan versi finalnya aja masih bikin lag — terutama di iPhone jadul seperti iPhone 5s.

Tapi iOS 12 Beta ini lancar banget, termasuk juga di iPhone 5s, kamu bisa lihat performanya jauh lebih bagus dari iOS 11 dulu.

Group Facetime tetap tidak ada di beta 10 ini karena perilisannya memang bakal diundur di akhir tahun nanti. Dan satu hal lagi, meskipun udah lancar dan smooth banget, tapi masih ada beberapa bug di iOS beta 10 seperti setting downtime, yang harus kamu atur lagi setelah update. Lalu ada juga bug minor di homekit, localization, serta traffic data di maps.

Jadi kalo iPhone kamu dipake buat sehari-hari, sebaiknya sabar aja menunggu perilisan finalnya di bulan September nanti.

Kalo kamu nemu ada yang baru di iOS 12 Beta 10 — atau public beta 8, silakan sampaikan di kolom komentar.