Prosesor Rancangan Apple Bisa Kalahkan Prosesor Intel?

Sudah bukan rahasia lagi jika Apple dikabarkan akan segera meninggalkan Intel dan merancang chip prosesor Mac milik mereka sendiri. Jika benar, maka langkah Apple untuk Mac ini akan sama seperti di perangkat iOS.

Di beberapa seri iPhone awal, Apple menggunakan prosesor hasil rancangan pihak ketiga. Namun Apple akhirnya beralih menggunakan prosesor rancangannya sendiri hingga sekarang, termasuk juga ke iPod Touch dan juga iPad.

Tentu saja yang pertama kali muncul di kepala banyak orang adalah, bagaimanakah performa dari prosesor Apple untuk Mac dan MacBook di masa depan? Apakah prosesor tersebut lebih baik dari prosesor buatan Intel?

Dilansir dari 9to5Mac, prosesor ARM Apple yang dicanangkan akan segera dipakai untuk Mac dan MacBook masa depan bisa melampau performa chip prosesor dari Intel, dan Apple akan benar-benar meninggalkan Intel.

ARM akhir-akhir ini melakukan presentasi tentang rencana mereka untuk CPU mobile dan desktop di masa depan. Mereka mengatakan bahwa akan ada peningkatan performa lebih dari 15% setiap tahun. Jika demikian, maka perkembangan ini akan melampaui “Hukum Moore”.

Meskipun ARM yang membuatnya, namun chip prosesor tersebut tidak pernah langsung dijual. Contohnya saja prosesor Apple A Series yang ada pada iPhone, iPad, dan iPod Touch. Apple yang merancangnya sendiri sesuai keinginannya, lalu bekerja sama dengan ARM dalam membuatnya.

Apple juga akan mendapatkan paten dan lisensi dari setiap hasil rancangannya sehingga teknologinya tidak akan digunakan oleh produsen lain meskipun produsen tersebut juga sama-sama bekerja sama dengan ARM dalam membuatnya.

via 9to5Mac

  Aplikasi Favorit Tahun 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.