Buat kamu yang penasaran sudah sejauh mana perkembangan iOS 12 sampai saat ini, berikut saya bahas 28 fitur baru iOS 12 Beta 6 dan Beta 5 — yang secara mengejutkan ternyata performanya sudah mulai ngebut!

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno untuk tips dan info menarik seputar teknologi setiap hari.


Buat kamu yang lebih suka membaca artikel daripada menonton video review iOS 12 Beta 6 dan 5 diatas, berikut ini MacPoin sertakan review fitur baru iOS 12 Beta 6 dan 5 dalam versi artikel.

Kecepatan dan Performa

Performa iOS 12 sudah jauh lebih mulus dan kencang dibandingkan sebelumnya. Bahkan di iPhone jadul seperti iPhone 5s performanya sudah jauh meningkat. Buka aplikasi, berpindah antar aplikasi, sudah lancar dan mulus banget.

Battery Health

Battery health sekarang sudah nggak lagi beta, jadi kamu bisa expect akurasi yang lebih baik. Selain itu baterai sudah lebih awet dibandingkan saat versi iOS beta sebelumnya. Lalu deskripsi di aplikasi sekarang lebih besar dan berwarna abu-abu.

Animasi Passcode

Animasi tombol passcode sekarang lebih halus dan terkesan lembut — tidak kontras seperti sebelumnya.

Splash Screen Baru

Ada splash screen baru di aplikasi iOS seperti Music, Photos, Books, Screen Time, hingga App Store.

Photos

Di Photos, kini ditambahkan icon di setiap opsi media types dan album. Lalu kalau kamu share foto, dan seleksi foto kamu hilangkan, maka semua opsi bakal non aktif dan abu-abu, baru aktif lagi jika foto kamu seleksi. Selain itu di bagian bawah, menu Copy Link kini diubah menjadi Copy iCloud Link. Serta ada juga beberapa update desain icon di menu share.

Music

Di aplikasi music, kalau kamu search, kamu bisa melakukan pencarian berdasarkan lirik lagu. Di kolom pencarian juga diberikan detail bahwa kamu bisa mencari lagu berdasarkan artis, judul, lirik, dan yang lainnya. Lalu kamu bisa mengurutkan playlist berdasarkan lagu yang baru saja dimainkan. Dan tombol play dan pause yang dulu posisinya masih belum pas, kini diperbaiki dan sudah jadi rapi.

Stock Widget

Di widget stock, kalau kamu tap show more, sekarang tampil ringkas dan compact.

Control Center

Control center jadi lebih hitam dan kontras, sehingga masing-masing menu terlihat lebih jelas.

Screen Time

Di screen time sekarang hanya device anak saja yang ditampilkan di family sharing, device lainnya tidak.

Tombol Alarm

Tombol snooze dan stop di alarm sedikit diubah, kini jadi makin standout.

3D Touch

3D touch sekarang jadi lebih kontras, baik box background nya maupun icon nya.

Clear All Notification

Di notifikasi, kalo kamu 3D Touch tanda silang ini, maka teks Clear All Notification terlihat lebih kecil dan rapi.

Wallpaper Hilang

Ada beberapa wallpaper lama yang dihilangkan. Semoga di versi final Apple tetep menyertakan wallpaper iOS versi sebelum-sebelumnya.

Podcast Settings

Di podcast settings, opsi “remote controls” yang sebelumnya berupa toogle, sekarang diubah jadi opsi pilihan External Controls, masing-masing dengan pilihan next / previous dan skip forward / back.

Messages

Di iMessages, kalo kamu tap camera, pada bagian kiri atas ada tombol galeri untuk memasukkan foto. Lalu ada juga beberapa shapes baru. Dan untuk ambil foto di iMessages, kamu bisa langsung tekan pake tombol volume — persis seperti di kamera native iPhone.

Mark Up Tool

Saat kamu ambil screenshot, lalu melakukan mark up edit, setiap tool yang kamu ubah opacity nya, bakal ditampilan detail parameternya.

Safari Suggestion

Di Safari, sekarang suggestion nggak cuman password aja, tetapi username juga ada suggestion nya.

Airplay Icon

Kalo sedang terhubung ke perangkat bluetooth, saat memainkan musik maka airplay icon bakal ditampilkan dalam warna biru.

Tone Facetime

Ada tone Facetime baru saat kamu angkat dan akhiri panggilan.

Itulah dua puluh delapan fitur baru dan perubahan di iOS 12 Beta 6 dan 5. Masih ada beberapa perubahan minor lain, termasuk juga di iOS 12 untuk iPhone X.

Sampaikan di kolom komentar kalo kamu ada pertanyaan seputar iOS 12, sampai bertemu di ulasan menarik lainnya.