iOS Tidak Disarankan Dipakai Untuk Menonton Youtube, Mengapa?

iPhone memang selalu dianggap sebagai salah satu smartphone terbaik di dunia. Namun untuk urusan menonton berbagai konten di Youtube, pihak Youtube justru tidak merekomendasikan iPhone sebagai salah satu produk terbaik untuk menikmati konten di Youtube.

Youtube kini resmi merilis halaman web YouTube Signature Devices yang berisi berbagai rekomendasi smartphone dan tablet terbaik untuk menonton video Youtube. Uniknya, tidak ada iPhone di dalam daftar tersebut. Apakah iPhone jelek untuk nonton Youtube?

Posisi pertama ditempati Samsung Galaxy Note9 yang baru saja dirilis belum lama ini. Berbagai smartphone Android kelas atas yang menempati posisi terbaik. Apakah ada konspirasi di dalam YouTube Signature Device ini.

Dilansir dari The Verge, penyebabnya bisa jadi karena Apple dan Google selama ini menggunakan codec yang berbeda. Apple hingga kini masih belum mau mendukung VP9 Codec di perangkat iOS dan juga di web browser Safari andalan mereka. Codec inilah yang menjadi salah satu penilaian YouTube Signature Device.

Berbagai macam fitur yang didukung oleh VP9 Codec tersebut adalah mendukung video HDR, frame rate yang lebih tinggi, decoding 4K, dan masih banyak lagi. Sementara pengguna iOS harus puas dengan codec dari Apple yang kurang bisa mengimbangi VP9 Codec.

Meski begitu, bukan berarti perangkat iOS dan juga web browser Safari jelek untuk menikmati konten Youtube. Kamu tetap bisa menonton berbagai macam konten di Youtube di iPhone, iPad, iPod Touch, dan dari web browser Safari di iOS dan Mac. Hanya saja, kemampuan tidak akan semaksimal di perangkat yang masuk ke dalam Youtube Signature Devices.

via The Verge

  Review TV 4K Paling Murah  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.