WASPADA! Beredar Phising Penipuan Apple Care Palsu
via Pexels

Ada banyak sekali cara orang untuk meretas hingga mencuri data orang lain. Salah satu cara klasik yang bisa dipakai oleh orang jahat adalah Phising? Apa itu Phising dan seberapa besar bahayanya?

Phising adalah penipuan dengan mengelabui korban dengan cara menjebak korban agar memberikan informasi yang dibutuhkan. Contoh paling mudah adalah email yang mengaku dari Apple yang memberitahukan kamu harus login Apple ID ke situs Apple. Setelah dilihat lebih lanjut, link loginnya bukan ke halaman Apple tetapi ke link lain. Setelah login, informasi username dan password pengguna akan direkam oleh peretas tersebut.

Baru-baru ini, phising scam baru mengincar para pengguna iPhone yang alamat e-mailnya terasosiasi dengan layanan iCloud. Jika biasanya phising membuat korban membuka sebuah link berbahaya via e-mail, maka kali ini sedikit berbeda.

Ketika korban membuka e-mail phising, kali ini akan diarahkan agar menelepon sebuah nomor tak dikenal. Penerima telepon akan berpura-pura menjadi pegawai Apple Care. Sang pegawai Apple Care tersebut akan bertutur sopan agar korban percaya.

WASPADA! Beredar Phising Penipuan Apple Care Palsu

Sang penerima telepon akan berusaha untuk mendapatkan informasi sedetail mungkin mengenai korbannya, dan tanpa sadar informasi tersebut tercuri dan akan digunakan untuk hal-hal yang tidak bertanggung jawab.

Apapun bentuk dan caranya, pengguna diminta untuk berhati-hati jika mendapatkan pesan seperti itu. Pastikan pengirimnya adalah Apple yang asli, dan juga pengirimnya terkesan mencurigakan, langsung saja abaikan.

via 9to5Mac

  Review iOS 12 Beta 8 Terbaru  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.