Awas! Trojan Bernama ’Calisto’ Sedang Menyerang Mac
via Pexels

Para peneliti keamanan akhir-akhir ini menemukan infeksi malware macOS yang menyerang perangkat komputer Mac dan juga MacBook. Malware yang menyerang kali ini berupa trojan degnan nama ‘Calisto’.

Dilansir dari Apple Insider, Calisto adalah trojan yang menginfeksi sistem dengan file DMG yang menyamar sebagai Intego’s Mac Internet Security X9. Sama seperti malware trojan pada umumnya, infeksi ini berasal dari file yang didapatkan dari sumber yang tidak dipercaya.

Pengguna yang sudah download file DMG tersebut akan melakukan proses instalasi Intego’s Mac Internet Security X9. Software akan meminta persetujuan pemasangan lalu meminta akses kredensial. Setelah mendapatkan akses tersebut, malware bisa mencuri berbagai macam informasi dari pengguna.

Beberapa informasi yang kemungkinan besar bisa dicuri adalah akses Keychain, history browser, bookmark, cookies, dan informasi mengenai jaringan yang tersambung. Lebih buruk lagi, komputer juga bisa menjadi korban dengan diakses melalui remote access.

Malware ini pada awalnya dirilis pada tahun 2016 dan tidak pernah diketahui hingga sekarang. Hanya saja, malware ini kini tak mampu berbuat banyak menghadapi macOS terbaru yang memiliki keamanan lebih ketat. Contohnya adalah fitur System Integrity Protection (SIP) yang ada pada macOS terbaru.

Untuk kamu pengguna Mac dan MacBook, sangat disarankan untuk tidak install software yang tidak berasal dari sumber aslinya. Jika kamu ingin download dan install software, langsung dapatkan file softwarenya dari sumber resminya.

via Apple Insider

  Path Resmi Ditutup, RIP!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.