Pangsa Pasar Apple di India Rontok, Kini Tinggal 1% Saja

Perjuangan Apple untuk menarik pasar India sepertinya akan semakin berat. Bukan cuma karena gempuran dari berbagai smartphone Android murah, tetapi juga ancaman akan dimatikan oleh pemerintah India.

Bukannya makin maju, justru Apple mengalami kemunduran di sana. Ya, pangsa pasar Apple di negara dengan jumlah penduduk terpadat ke-2 di dunia tersebut terus turun, dan dalam laporan terbaru menunjukkan pangsa pasar Apple di India cuma sekitar 1% saja.

Dilansir dari 9to5Mac, Apple terus mengalami kemunduran di India. Dimulai dari berhentinya tiga eksekutif sales Apple, hingga laporan dari Counterpoint Research yang menyatakan bahwa pangsa pasar Apple di India pada kuartal 2 tahun 2018 ini sudah anjlok hingga menyentuh angka 1% saja.

Samsung berada di puncak dengan penguasaan pangsa pasar sebesar 29% di India, yang diikuti oleh Xiaomi dengan pangsa pasar yang sangat tipis dengan Samsung, yaitu sekitar 28%. Xiaomi sendiri diprediksi akan segera mengambil alih posisi puncak dari Samsung.

Di tempat ketiga, keempat, dan kelima masing-masing ditempati oleh Vivo, Oppo, dan Honor. Ya, kelima produsen smartphone tersebut memang terkenal memberikan berbagai macam pilihan produk berkualitas dengan harga yang jauh lebih ramah untuk rakyat India.

Penyebab pangsa pasar Apple yang terus turun di India adalah harga iPhone yang terbilang sangat mahal di sana. Tentu saja sangat masuk akal para pengguna smartphone di India lebih memilih untuk menggunakan smartphone lain yang lebih murah dengan kualitas yang bisa dibilang lumayan.

via 9to5Mac

  Path Resmi Ditutup, RIP!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.