iPhone Terancam Tidak Bisa Digunakan Lagi di India

India adalah salah satu negara yang memiliki pertumbuhan pengguna smartphone yang sangat pesat. Tak heran jika Apple terus berjuang di negara tersebut meskipun mereka terus menerus digempur smartphone Android dengan harga murah meriah.

Perjuangan Apple untuk menarik minat orang-orang India untuk menggunakan iPhone juga sepertinya akan semakin sulit. Pasalnya, dilansir dari Tech Times, badan regulator telekomunikasi India atau Telecom Regulatory Authority of India (TRAI) mengancam akan mencabut registrasi perangkat-perangkat iPhone pada jaringan seluler di India.

Jika memang benar terjadi, Apple tidak akan bisa lagi menjual iPhone di India dengan fitur seluler karena fitur seluler tidak akan bisa dipakai di India. Berbagai perangkat lawas juga sepertinya akan kena imbas yang sama. Tidak akan bisa lagi menggunakan jaringan GSM, 3G, maupun 4G LTE. Lalu sebenarnya apa penyebab masalah ini?

Masalah ini berawal dari Apple yang menolak memasang aplikasi buatan TRAI yang bernama Do Not Disturb pada perangkat iPhone yang dijual di sana. Fungsi dari aplikasi DND ini adalah untuk membasmi pesan dan telepon spam yang banyak terjadi di negara India sana.

Aplikasi DND ini harus didownload pengguna smartphone di India pada semua platform baik Android maupun iOS. Tapi Apple menolak untuk mengizinkan DND hadir di App Store. Alasannya adalah aplikasi DND mengakses informasi SMS dan telepon pengguna, otomatis berpontensi melanggar privasi. Apple kini sedang menyiapkan fitur anti telepon dan pesan spam di update iOS 12 yang akan datang. Bisa jadi Apple akan diberikan kelonggaran khusus.

via Tech Times

  3 Cara Update iPhone ke iOS 12 Final  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.