Banyak sekali mitos mengenai iPhone yang mungkin menjadikan seseorang memilihnya dengan penuh suka cita. Sebagai produk yang memiliki legenda sebagai ‘yang terbaik’, maka iPhone seharusnya jauh lebih baik dibandingkan produk-produk dari LG atau Samsung. iPhone terkenal begitu sederhana sehingga ‘bekerja dengan baik’. Cacat kualitas di produk lain sudah cukup untuk menjadikan konsumen bergidik ngeri. Ketika beberapa Galaxy Note 7 terbakar baterainya, maka orang-orang sudah ketakutan. Kampanye “jangan beli Pixel” menguat begitu beberapa perangkat dilaporkan mengalami masalah di bagian layar beberapa saat yang lalu. Poinnya adalah: Reputasi Apple adalah terkait dengan kualitas, kemudahan penggunaan, dan ketahanan. Tapi tunggu dulu! Ternyata menurut laporan Mobile Device and Security dari Blancoo, sebuah perusahaan yang melakukan diagnostik dan memperbaiki software untuk operator dan produsen, sepertinya hal ini tidak lagi benar!

Data dari Blancoo menunjukkan bahwa perangkat iOS dan Android dikirimkan untuk perbaikan memiliki jumlah yang nyaris serupa. Bahkan di Amerika Utara, nampaknya perangkat Apple memiliki lebih banyak masalah. Dari ketiga pasar utama yang diteliti, yaitu Asia, Amerika Utara, dan Eropa, tingkat kerusakan iOS dan Android nyaris serupa. iOS berada di angka 12,5 persen, sementara Android 14 persen. Di Amerika Utara, selisih angka ini lebih besar. Perangkat iOS yang mengalami kerusakan mencapai 12 persen, sementara perangkat Android hanya 9 persen!

Data untuk laporan ini adalah berdasarkan diagnostik seluler internal dan penghapusan data yang dikumpulkan dari iOS dan Android yang dikembalikan ke operator, toko, atau tempat servis yang menangani perangkat tersebut. Varian data tersebut menunjukkan jumlah yang beragam di setiap daerah, namun cukup untuk membandingkan tingkat peluang kerusakan kedua tipe perangkat tersebut.

iPhone 6 dan iPhone 6S merupakan perangkat yang paling banyak mengalami kerusakan. Tingkat peluang kerusakan iPhone 6 mencapai 26 persen, sementara iPhone 6S berada dalam angka 14 persen. iPhone dengan tingkat peluang kerusakan paling kecil sementara ini adalah iPhone 8 Plus yang hanya 2 persen sejauh ini.

Jadi jika kamu memiliki iPhone 8 Plus, nampaknya kamu bisa bernapas lega karena perangkat ini nampaknya menunjukkan ketahanan yang bagus dan memiliki tingkat peluang kerusakan yang lebih kecil, terlepas dari memang model perangkat ini adalah yang terbaru dari Apple.

 

Sumber: BGR

 

 

  3 Cara Update iPhone ke iOS 12 Final  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.