Apple Hilangkan Fitur Data Recovery Connector di MacBook Pro 2018

Data Recovery Connector adalah fitur baru MacBook Pro yang hadir pada tahun 2016 dan hadir di seluruh MacBook Pro dengan Touch Bar. Fitur ini berupa port rahasia yang memiliki fungsi untuk mengambil data dari SSD yang ada pada MacBook Pro ketika Logic Board sudah tidak berfungsi lagi.

Fitur rahasia ini juga cuma bisa digunakan di saat tertentu saja serta membutuhkan alat khusus, yang juga cuma ada pada Apple atau Apple Authorized Service resmi yang bekerja sama dengan Apple saja.

Apple terus memberikan fitur rahasia ini di MacBook Pro 2017 yang dirilis setelahnya. Hanya saja, di versi MacBook Pro 2018 ini, Apple diam-diam menghapus fitur rahasia ini tanpa pemberitahuan apapun.

Dilansir dari halaman MacRumors, fitur Data Recovery Connector ini dihapus oleh Apple karena produk MacBook Pro 2018 dengan Touch Bar ini sudah dibekali dengan chip Apple T2 terbaru. Chip ini juga memiliki fungsi sebagai enkripsi SSD di MacBook Pro 2018 dan iMac Pro.

Fitur Data Recovery Connector ini sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan jika Logic Board di MacBook Pro masih bisa dipakai. Pengguna bisa melakukan fitur Target Disk Mode, dengan cara menggunakan kabel Thunderbolt 3 serta menghubungkan komputer yang ingin dipindah datanya tersebut ke MacBook Pro lain yang masih berfungsi. Hingga kini masih belum ada metode lain yang bisa menjadi alternatif Data Recovery Connector di MacBook Pro 2018.

via MacRumors

  Path Resmi Ditutup, RIP!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.