Kemarin ada yang request ulasan iOS 12 Beta 4 di iPhone, dan di video ini akan saya tunjukkan beberapa yang baru di dalamnya. Tidak ada banyak perubahan yang terlihat di iOS 12 Developer Beta 4, tetapi ada satu perubahan penting yang sebaiknya kamu ketahui.

Tonton video ulasan iOS 12 Beta 4 disini:

NB: Subscribe Kepoin Tekno untuk tips dan info menarik teknologi setiap hari.

Bagi kamu yang lebih suka membaca review iOS 12 Developer Beta 4 daripada menonton videonya, berikut ini MacPoin sertakan versi artikel dari review iOS 12 Beta 4 tersebut.

1. USB Restricted Mode

Pertama ada update di USB Restricted Mode. Buat kamu yang belum tahu, ini adalah fitur keamanan baru yang membatasi akses iPhone via USB. Sebelumnya, ada rentang waktu 1 jam setelah unlock, agar iPhone bisa terhubung ke Mac, PC, dan aksesoris USB tanpa memerlukan passcode. Tetapi sekarang rentang waktunya dihilangkan, sehingga setiap kali dihubungkan ke perangkat lain via USB — iPhone bakal meminta passcode. Jika tidak maka perangkat dan aksesoris tersebut tidak akan berfungsi, selain hanya untuk charging saja.

Kita akan ngobrolin fitur keamanan baru iPhone ini dengan lebih detail nanti di video tersendiri. Kenapa Apple menambahkan fitur ini, serta apa kelebihan dan kekurangannya bagi kita pengguna iPhone.

2. App Store Search

Kedua, sekarang kalo kamu cari aplikasi di app store — bakal muncul segmen seperti in Stories, in Developers, dsb. Sebagian segmen masih belum bisa diakses, sebagian lagi sudah bisa. Kita akan cek terus perkembangannya di versi beta selanjutnya.

3. Mobile Data Usage

Ketiga, kalo kamu cek daftar penggunaan data seluler, sekarang daftar aplikasi diurutkan berdasarkan besar pemakaian kuota data — dari yang terbesar ke yang terkecil.

4. Icon Share Photo

Keempat, kalo kamu buka aplikasi Photos, lalu tap share, maka akan mendapati ada sedikit perubahan di desain deretan icon.

5. Deskripsi Baterai

Kelima, kalo kamu buka pengaturan Baterai, kamu akan mendapati deskripsi di bagian bawah daftar aplikasi.

6. Efek iMessages

Keenam, kalo kamu buka iMessages, lalu ambil foto, dan mengakses effect, setiap shape effect sekarang sudah dianimasikan. Sebelumnya tidak ada animasi di shape effect ini.

7. Setting Voice Memo

Ketujuh, kalo kamu buka pengaturan voice memo, opsi penamaan file yang sebelumnya merupakan pilihan drop down, sekarang diganti menjadi toogle yang lebih simple.

8. Splash Screen Automatic Update

Kedelapan, di awal setup upgrade Beta 4 ditampilkan splash screen automatic update. Sayangnya saya nggak sempat rekam waktu splash screen muncul di awal setup. Tetapi kamu bakal mendapatinya sesaat setelah upgrade ke beta 4.

9. Memoji

Seperti biasa ada juga update di Memoji buat pengguna iPhone X di setiap beta release, dan juga beberapa perubahan minor lainnya.

Sampaikan saja di kolom komentar kalo kamu menemukan perubahan lain di iOS 12 Developer Beta 4 ini. Sampai bertemu lagi di ulasan menarik lainnya besok.