Ini Alasan Apple Tinggalkan Nvidia dan Pilih AMD Graphic

Jika kamu mengikuti perkembangan komputer Mac dan MacBook sejak dulu, Apple memang dikenal cukup bersahabat dengan kartu grafis Nvidia. Contohnya adalah MacBook Air Late 2008 dan MacBook Air Mid 2009 menggunakan Nvidia GeForce menggantikan Intel GMA.

Namun pada akhirnya Apple memilih untuk menggunakan kartu gratis dedicated dari AMD untuk produk-produk unggulan. Mulai dari Radeon R9 di lini MacBook Pro lawas, Radeon Pro di MacBook Pro dan iMac terbaru, AMD FirePro di Mac Pro, dan yang paling garang adalah Radeon Pro Vega di iMac Pro. Untuk kartu grafis terintegrasi, Apple memilih kartu gratis Intel HD, Intel Iris Graphic, dan juga Intel Iris Pro Graphic.

Tentu jika kita bicara mengenai kartu grafis dedicated, kita tidak bisa begitu saja menganggap remeh Nvidia GeForce. Ya, kartu grafis paling populer di kalangan gamer ini memang terkenal memiliki kinerja yang selalu beberapa langkah lebih di depan ketimbang kartu grafis keluaran AMD. Jika seorang gamer ingin merakit PC tanpa peduli budget, hampir bisa dipastikan akan memilih kartu grafis dari Nvidia.

Lantas, mengapa Apple lebih memilih AMD ketimbang Nvidia? Apakah kartu grafis keluaran AMD lebih bagus dari Nvidia? Setidaknya ada beberapa alasan mengapa Apple memilih meninggalkan Nvidia dan lebih memilih AMD.

 

Dual 5K Monitor

Setelah Apple resmi menghentikan dukungan Apple Thunderbolt Display, Apple resmi keluar dari bisnis layar monitor eksternal. Namun bukan berarti Apple meninggalkan para pengguna ingin mendapatkan pengalaman terbaik dalam menggunakan monitor eksternal. Apple justru memberikan rekomendasi resmi berupa monitor keluaran LG, yaitu UltraFine.

Bukan cuma itu saja, Apple bahkan membuat halaman resmi yang berisi dokumentasi produk LG UltraFine tersebut di situs Apple. Lalu apa hubungannya kartu grafis AMD dengan layar monitor 5K?

Ternyata Apple memilih AMD karena kartu grafis AMD yang digunakan di Mac dan MacBook terbaru mendukung 6-streams channel (DisplayPort Lanes). Dengan demikian, pengguna Mac bisa menggunakan dua layar monitor dengan resolusi 5K secara penuh. Bagaimana rincian penggunaan steams channel tersebut?

Ini Alasan Apple Tinggalkan Nvidia dan Pilih AMD Graphic

Satu layar monitor 5K membutuhkan 2 streams, dengan demikian dua layar monitor 5K membutuhkan 4 stream. Layar bawaan alias internal display iMac atau MacBook cuma butuh 1 stream saja. Jadi, Mac yang menggunakan 2 layar monitor 5K akan total menghabiskan 5 streams. Masih ada sisa 1 stream lagi yang tidak terpakai, dan bisa dipakai untuk tambahan monitor 4K.

Sementara Nvidia sendiri, ketika Apple membuat pilihan ini, masih mendukung 3-stream saja. Itu artinya, kamu cuma bisa menggunakan satu monitor 5K saja, atau dua monitor 4K dalam satu waktu.

 

Hemat Baterai dan Tak Cepat Panas

Kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1060 adalah salah satu kartu grafis yang sangat populer di laptop gaming. Untuk urusan performa sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Nah masalahnya, Apple tidak pernah merilis Mac atau MacBook yang benar-benar didedikasikan untuk bermain game.

Berbeda dengan laptop gaming yang memang benar-benar dirancang untuk main game. Produsen laptop pasti sudah mengantisipasi berbagai macam risiko yang terjadi, seperti panas dan baterai cepat habis. Oleh karena itu, laptop gaming selalu dirancang agar benar-benar bisa bertahan di kondisi bermain game berjam-jam, siap panas, dan lain sebagainya.

Berbeda halnya dengan Mac, khususnya lini MacBook. Apple membekali Mac desktop dan MacBook generasi terbaru dengan AMD radeon yang “cuma” butuh daya 35W saja. Coba bandingkan dengan GTX 1060 yang bisa mencapai 85W. Tentu saja selain daya baterai yang cepat habis, MacBook juga akan jadi cepat panas, sementara Mac dan MacBook memang tidak dirancang seperti layaknya PC atau laptop gaming.

 

Kartu Grafis AMD Teruji di Banyak Perangkat

Ada alasan lain mengapa Apple tak perlu malu menggunakan kartu grafis keluaran AMD. Ya, untuk urusan bermain game, khususnya PC, Nvidia memang masih menjadi raja. Namun di dunia lain selain dunia PC, kartu grafis AMD juga sangat diandalkan.

Contohnya saja Xbox One dan juga PS4. Sama-sama konsole game, dan tentu saja pekerjaan dua perangkat itu adalah memainkan game. Siapa sangka, Microsoft dan Sony tidak memilih Nvidia, melainkan AMD. Karena memanfaatkan AMD, berbagai teknologi AMD seperti AMD FreeSync juga bisa berjalan di konsole game.

Ini Alasan Apple Tinggalkan Nvidia dan Pilih AMD Graphic

Mac memang tidak pernah didedikasikan untuk bermain game. Namun bukan berarti Mac benar-benar tidak bisa bermain game dengan baik. AMD Radeon yang digunakan di Mac desktop dan MacBook Pro terbaru ini adalah seri Radeon Pro yang sebenarnya lumayan untuk main game dengan resolusi di atas 720p dan setting high.

Ya, apapun alasan dari Apple, namun pada akhirnya kamu tidak akan lagi menemukan kartu grafis Nvidia di produk Mac keluaran terbaru. Mungkin Nvidia perlu melakukan sesuatu untuk menarik Apple menggunakan kartu grafis keluarannya lagi.

Bagaimana menurutmu? Mending Nvidia atau AMD sih, kecuali buat main game?

  3 Cara Update iPhone ke iOS 12 Final  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.