AWAS! Ketik “Taiwan” Bisa Membuat iPhone Mati Mendadak

Sebuah bug aneh ditemukan di iPhone yang membuat iPhone kamu bisa macet dan mati mendadak. Bug tersebut adalah ketika kamu mengetikkan kata “Taiwan” di dalam sebuah text field pesan.

Dilansir dari Engadget, dari sebuah blog milik kepala riset perusahaan keamanan Digital Security, Patrick Wardle, ditemukan sebuah bug aneh yang menyebabkan iPhone bisa mati mendadak. Bug ini ditemukan di iPhone dengan sistem operasi iOS 11.3.

Penelitian ini berawal berawal dari salah seorang rekan Patrick mengatakan bahwa iPhone miliknya yang mati total. Pada awalnya, orang tersebut berpikir bahwa iPhone miliknya telah diretas oleh peretas yang hendak mencuri data yang ada di dalamnya.

Patrick pada awalnya tidak terlalu menanggapi keluhan ini, namun beberapa waktu kemudian dirinya mendapat banyak sekali masalah serupa dari teman-teman yang lainnya. Ia pun akhirnya memutuskan untuk melakukan penelitian ini terhadap iPhone milik mereka.

Usaha Patrick akhirnya membuahkan hasil. Diketahui bug ini akan muncul ketika pengguna iPhone mengetikkan kata “Taiwan” pada iPhone mereka. Tepat ketika kata “Taiwan” diketik, iPhone tersebut akan mendadak hang, macet, lalu akan mati total.

Bug ini berasal dari kode yang dipakai agar iPhone yang berasal dari China tidak bisa menampilkan bendera Taiwan. Apakah kode tersebut memang dibuat dengan sengaja?

Sekedar informasi, negara China alias Tiongkok hingga kini tidak mengakui Taiwan sebagai negara merdeka yang memiliki pemerintahannya sendiri. Dengan alasan politis inilah, iPhone yang berasal dari Tiongkok tidak bisa menampilkan bendera Taiwan sebagai emoji.

Gimana? Kamu mau coba?

via Engadget

  Fitur Baru di iOS 12 Beta 4  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.