Selamat Ulang Tahun! App Store Kini Berusia 10 Tahun

App Store adalah toko aplikasi buatan Apple yang pertama kali dirilis untuk platform iPhone. Lama kelamaan, berbagai produk seperti iPod Touch dan juga iPad juga mengadopsi sistem operasi yang sama, yang membuat Apple akhirnya merubah iPhone OS menjadi iOS.

Melihat kesuksesan App Store, Apple juga tidak ketinggalan merilis App Store ke Mac OS X, yang kini berubah nama menjadi macOS. Mac App Store juga menghadirkan cara baru mendapatkan aplikasi di Mac dan MacBook.

Kemarin, App Store resmi berusia 10 tahun. Pertama kali dirilis pada tanggal 10 Juli 2008, hari di mana setahun setelah iPhone pertama dirilis serta sehari sebelum iPhone 3G dirilis resmi ke pasaran.

Pengguna iPhone yang ingin bisa merasakan pengalaman App Store, harus menggunakan versi software minimal versi 2 dari iPhone OS. Untuk pengguna iPhone 3G sendiri sudah dilengkapi dengan iPhone OS 2, sehingga tek perlu melakukan upgrade iPhone OS secara manual.

Sebelum App Store dirilis, Apple terlebih dulu merilis iPhone SDK ke para pengembang aplikasi. Hal ini membuat para pembuat aplikasi pihak ketiga bisa membuat aplikasi miliknya dan bisa merilisnya ke App Store agar bisa langsung siap dinikmati paran penggunanya.

Ketika perilisannya, Apple memberikan demo App Store dan sudah menampilkan banyak sekali aplikasi di sana. Ada game Spore Origins dari EA, Super Monkey dari Sega, aplikasi AIM, dan masih banyak lagi.

Bagaimana? Kamu masih ingat pengalaman pertamamu di App Store?

via MacRumors

  Fitur Baru di iOS 12 Beta 4  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.