Intel Tunda Pengembangan Modem 5G Gara-Gara Apple

Apple dan Intel memang memiliki hubungan yang cukup dekat. Meskipun Intel terkenal dengan prosesor di kelas desktop, namun Apple menggunakan jasa Intel berupa chip modem yang digunakan di iPhone.

Dilansir dari MacRumors, Apple telah mengonfirmasi bahwa mereka tidak akan menggunakan modem dari Intel di perangkat iPhone pada tahun 2020 mendatang. Chip modem yang dimaksud di sini adalah chip modem 5G.

Dengan tidak lagi bekerja sama dengan Apple, seluruh pengembangan modem 5G yang sejatinya akan siap di masa depan kabarnya akan ditunda dan dihentikan sampai waktu yang belum ditentukan.

Proyek pengembangan modem 5G dari Intel tersebut diberi kode “Sunny Peak”. Alasan mengapa proyek tersebut akan dihentikan adalah karena Apple adalah satu-satunya pelanggan kunci dari proyek tersebut.

Seperti yang diketahui, Apple memang merancang berbagai produknya seperti iPhone, iPad, dan Mac sendiri. Namun untuk memproduksi berbagai perangkat tersebut, Apple tetap mengandalkan rantai pasokan dari luar.

Contohnya adalah chip prosesor pada perangkat iOS yang diproduksi oleh Samsung dan TSMC. Berbagai komponen iPhone seperti layar OLED dengan teknologi Super Retina Display sendiri juga merupakan kerja sama dengan Samsung.

Sebelum ini, Apple juga bekerja sama dengan Qualcomm untuk produksi chip modem. Namun Apple memilih untuk menghentikan kerja sama dengan Qualcomm semenjak ada perseteruan antara Apple dan Qualcomm di pengadilan mengenai masalah paten dan royalti.

via MacRumors

  Path Resmi Ditutup, RIP!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.