Cara Kirim Feedback Bug dan Error di iOS Beta ke Apple

iOS 12 Beta sudah dirilis sebagai Developer Beta dan juga Public Beta. Untuk bisa mendapatkannya, kamu harus mendaftar dulu ke program Apple Developer untuk versi Developer Preview, atau Apple Beta Software Program untuk mendapatkan versi Public Beta.

Sebagai sebuah software pra-rilis, tentu saja masih banyak bug dan error yang muncul. Tentu kamu harus memakluminya karena pada dasarnya software update ini memang belum dirilis untuk pengguna umum. Versi iOS 12 final baru akan dirilis ke publik pada September 2018 mendatang.

Nah sebagai pengguna iOS 12 Beta, kamu memiliki satu hal yang wajib kamu lakukan, yaitu memberikan feedback mengenai penggunaan iOS 12 beta yang ada pada iPhone maupun iPad milikmu.

Feedback tersebut berupa laporan ketika kamu mengalami masalah, menemukan bug, error, dan lain sebagainya. Nantinya laporan tersebut akan digunakan Apple untuk memeriksa apakah benar ada bug atau tidak. Sehingga Apple bisa memperbaiki bug dan masalah tersebut hingga pada akhirnya versi final dirilis. Harapannya, seluruh bug sudah hilang di versi final iOS 12.

Ini berlaku pula untuk semua versi Beta, tidak cuma iOS 12 Beta saja. Bahkan platform lain yang masih Beta seperti macOS, tvOS, dan watchOS juga mengharuskan pengguna untuk mengirimkan feedback ke Apple.

Untuk memberikan feedback kepada Apple dan melaporkan bug serta masalah iOS beta, kamu bisa ikuti tutorial berikut ini:

  1. Buka aplikasi Feedback yang cuma muncul ketika kamu install iOS Beta.
  2. Di halaman utama, kamu akan menemukan Inbox, Draft, Terkirim, dan lain sebagainya.
    Cara Kirim Feedback Bug dan Error di iOS Beta ke Apple
  3. Tap ikon Feedback baru untuk membuat feedback dan laporan baru ke Apple.
    Cara Kirim Feedback Bug dan Error di iOS Beta ke Apple
  4. Pastikan kamu memberikan laporan yang jelas ya. Tidak perlu panjang-panjang, yang penting jelas dan Apple bisa mengerti apa yang kamu katakan.
  5. Sangat disarankan untuk mengirimkan screenshot yang berkaitan dengan bug dan error tersebut.
  6. Jika sudah, langsung saja kamu kirim feedback tersebut.
    Cara Kirim Feedback Bug dan Error di iOS Beta ke Apple
  7. Jika kamu mengalami banyak bug dan masalah, tentu saja kamu harus kirimkan sebanyak-banyaknya feedback tersebut. Kamu bisa lihat semua yang sudah kamu kirim di bagian Terkirim.
    Cara Kirim Feedback Bug dan Error di iOS Beta ke Apple
  8. Terakhir, berdoa supaya feedback kamu didengar Apple dan segera diperbaiki sebelum iOS final dirilis.

Nah seperti itulah cara mengirim feedback iOS beta ke Apple. Daripada kamu maki-maki Apple gak jelas, alangkah lebih baik kamu laporkan masalahmu melalui feedback ini agar Apple mendengar dan bisa memperbaiki masalah yang kamu hadapi sebelum iOS 12 final dirilis.

Bagaimana? Sudah berapa laporan yang kamu kirimkan ke Apple?

  Review TV 4K Paling Murah  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.