Apakah Kamu Harus Install iOS 12 Beta ke iPhone atau iPad?

Update iOS 12 versi Beta sudah dirilis dan sudah bisa dicoba oleh developer maupun pengguna yang ingin berpartisipasi dalam program Apple Beta ini. Untuk versi final yang akan dirilis ke publik sendiri baru akan dirilis pada bulan September 2018 ini.

Itulah sebabnya meskipun sudah banyak review iOS 12 berseliweran di mana-mana, namun kamu belum bisa menemukan update tersebut di pengaturan Software Update pada iPhone maupun iPad. Kamu harus berpartisipasi dulu ke dalam program Apple Beta. Baca: Cara Install iOS 12 Public Beta di iPhone.

Berhubung versi final baru akan dirilis pada bulan September 2018 mendatang, sekarang pertanyaannya adalah : Apakah kamu harus install iOS 12 Beta ini ke iPhone atau iPad milikmu?

 

Masih Banyak Bug

Hal pertama yang harus kamu tahu adalah versi Beta ini masih banyak mengandung bug dan error. Masih ada waktu sekitar 3 bulan lagi bagi Apple untuk memperbaiki seluruh bug tersebut sebelum dirilis resmi ke pengguna publik.

iOS 12 ini sebenarnya relatif lebih sedikit memiliki bug ketimbang dulu di era iOS 11, iOS 10, dan versi lain yang lebih lawas. Namun kamu tetap harus sadar kalau versi kali ini masih Beta, yang masih mengandung banyak bug dan kesalahan yang mungkin sebenarnya sangat sepele.

Beberapa error yang saya temui di versi iOS 12 Beta kali ini adalah beberapa aplikasi pihak ketiga kadang masih tidak bisa dibuka, ngelag, dan kadang bikin sistem iOS freeze. Hal ini wajar karena sang developer aplikasi harus memperbarui aplikasi tersebut agar bisa mendukung iOS 12 terbaru.

 

Jangan Install ke iPhone atau iPad Utama

Untuk kamu yang pengen coba iOS 12 Beta, pastikan kamu tidak install ke iPhone atau iPad utama yang sering kamu pakai sehari-hari ya. Hal ini karena iOS 12 memang masih belum stabil serta masih mengandung banyak bug yang bisa mengganggu aktivitasmu dalam menggunakan iPhone atau iPad.

Sebaiknya install iOS 12 Beta ke iPhone atau iPad kamu yang lain, yang jarang kamu gunakan. Hal ini untuk meminimalisir jika iOS 12 memiliki bug yang sangat menganggu, seperti aplikasi harianmu masih belum mendukung iOS 12, baterai boros, sering hang, dan lain sebagainya.

 

Wajib Kasih Feedback ke Apple

Poin terakhir ini adalah salah satu poin terpenting. Karena kamu menggunakan versi Beta, kamu akan menemui aplikasi baru di iPhone atau iPad milikmu yang bernama “Feedback”. Ya, aplikasi Feedback Assistant ini adalah aplikasi yang bisa dipakai pengguna iOS 12 beta untuk melaporkan semua error, bug, dan masalah yang ada.

Saya pribadi ketika mendapati error di iOS 12, langsung saya laporkan ke Apple melalui aplikasi Feedback Assistant ini. Laporan ini akan digunakan oleh Apple agar mereka bisa memperbaiki error ini di waktu yang akan datang. Bingung cara mengirim laporan bug dan error ke Apple? BacaCara Kirim Feedback Bug dan Error di iOS Beta ke Apple

Bagaimana? Apakah kamu akan memutuskan untuk install iOS 12 ke iPhone atau iPad milikmu?2

  Fitur Baru di iOS 12 Beta 4  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.