App Store Akan Segera Bisa Trial Aplikasi Berbayar

Kemarin Apple memperkenalkan App Store Guidelines yang baru, yang membawa banyak sekali fitur baru yang sangat menarik untuk pengembang aplikasi berbayar serta para pengguna perangkat. Salah satu fitur yang dinanti-nantikan adalah fitur Trial untuk semua aplikasi berbayar.

Salah satu aturan dari App Store Guidelines tersebut mengatakan bahwa aplikasi kini bisa menerapkan skema trial dalam periode waktu tertentu. Selama dalam masa trial tersebut, beragam fungsionalitas aplikasi bisa dimatikan oleh developer dan akan diaktifkan ketika pengguna membeli aplikasi.

Jangka waktu trial tersebut juga bisa ditentukan oleh sang developer aplikasi. Namun biasanya trial aplikasi cuma berlaku selama beberapa hari saja, atau beberapa minggu. Tentu ini menjadi angin segar untuk developer dan juga para calon pengguna aplikasi.

Selama ini, App Store memang sering dikritik karena tidak menyediakan fitur Trial seperti layaknya toko aplikasi di platform lain. Pengguna harus membeli aplikasi tersebut secara penuh untuk bisa menggunakannya.

Meskipun bisa refund jika pengguna tidak menyukai aplikasi ini, namun tentu saja developer tidak menyukai pengguna yang sering sekali melakukan refund setelah menggunakan aplikasi buatan mereka.

Untuk pengguna, kamu bisa coba aplikasi tersebut sebelum membeli aplikasi secara penuh. Jelas ini jauh lebih menyenangkan ketimbang refund yang harus direview Apple alasan melakukan refund.

Jika kamu sial, proses refund tidak akan disetujui oleh Apple dan kamu tidak bisa mendapatkan uangmu kembali. Dengan diimplementasikan Trial ini ke App Store, tentu kamu bisa coba aplikasi dulu sebelum beli.

via MacRumors

  3 Cara Update iPhone ke iOS 12 Final  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.