iOS 12 Akan Buka Implementasi NFC untuk Pihak Ketiga?

NFC (Near-Field Communication) adalah teknologi yang mulai diimplementasikan oleh Apple pada iPhone 6 dan juga iPhone 6 Plus. Hanya saja, implementasi NFC oleh Apple sangat terbatas, cuma sebatas untuk penggunaan Apple Pay saja.

Dewasa ini, tercatat sudah banyak aktivitas yang bisa dilakukan menggunakan teknologi NFC yang ada pada smartphone, seperti membeli tiket perjalanan dan lain sebagainya. Bahkan beberapa seperti membuka pintu hotel juga bisa menggunakan NFC.

Dilansir dari 9to5Mac, bisa jadi pembatasan ini akan segera dihilangkan di masa depan, tepatnya pada update iOS 12 mendatang. Apple akhirnya dikabarkan akan segara membuka akses NFC di perangkat iPhone agar bisa dipakai di banyak perangkat yang mendukung.

Untuk mempersiapkan perilisan teknologi tersebut, Apple juga dikabarkan sudah mengujinya di kantornya yang bernama Apple Park. Dengan bekerjasama dengan perusahaan HID Global, teknologi NFC dipakai Apple untuk membuka pintu di dalam gedung Apple Park tanpa akses kartu seperti biasa.

Sebelum ini, Apple sebenarnya juga sudah memberikan framework khusus yang bernama CoreNFC pada update iOS 11. Framework ini bisa dipakai untuk membantu para pengembang aplikasi untuk bisa memperoleh akses dari teknologi NFC yang ada pada perangkat iPhone.

Hanya saja, fitur yang ada pada framework CoreNFC ini ternyata masih sangat terbatas dan dan tidak bisa berjalan pada background alias berjalan di latar belakang. Tentu saja hal ini sulit diimplementasikan oleh pihak ketiga.

Bagaimana menurutmu?

via 9to5Mac

  Aplikasi Favorit Tahun 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.