Event akbar tahunan Apple Worldwide Developers Conference atau WWDC 2018 bakal digelar Apple pada 4 sampai 8 Juni nanti. Dan buat kamu gaes yang penasaran apa saja yang bakal diperkenalkan Apple di event tersebut, inilah rangkuman prediksi selengkapnya.

NB: Pastikan subscribe channel Kepoin Tekno untuk video selanjutnya

iOS 12

Berbagai Hal yang Bakal Diperkenalkan Apple di WWDC 2018

Hal pertama yang bakal diperkenalkan Apple di event tersebut tentunya adalah iOS 12. Ini adalah versi baru dari iOS yang bakal lebih fokus pada peningkatan performa dan kualitas.

Tetapi tentu ada fitur baru yang kemungkinan bakal hadir, yaitu integrasi Animoji dengan FaceTime, redesain stock apps, integrasi yang lebih dalam antara Siri dan iOS, serta peningkatan fitur augmented reality.

Sebenarnya sempat ada rumor yang menyatakan bahwa di iOS 12 bakal ada fitur cross platform, artinya developer bisa bikin satu aplikasi yang berjalan di iPhone sekaligus di Mac. Ada pula rumor tentang perombakan Home screen aplikasi photos, dan multitasking — tetapi gaes balik lagi mengingat Apple kali ini lebih fokus ke performa, kualitas, dan perbaikan bugs, maka perubahan besar tersebut kemungkinan bakal absen dan diperkenalkan Apple di iOS 13 tahun depan.

macOS 10.14

Selanjutnya gaes tentu tidak ketinggalan juga bakal diperkenalkan macOS 10.14 terbaru. Belum ada banyak bocoran seputar macOS terbaru ini, tetapi kemungkinan besar hanya aplikasi 64-bit saja yang bisa dijalankan, sedangkan aplikasi 32-bit tidak bisa lagi dijalankan di macOS terbaru ini.

watchOS 5 dan tvOS 12

iOS sudah, macOS sudah — maka tentunya watchOS 5 dan tvOS 12 bakal turut diperkenalkan. Untuk tvOS belum ada bocoran apa yang baru sampai saat ini, tetapi di watchOS 5 kemungkinan besar bakal support custom watch face buatan pihak ketiga. Jadi kedepannya selain kamu bisa memajang watch face buatan Nike, kamu juga bisa menggunakan watch face buatan pihak ketiga lainnya.

Hardware

Lalu untuk hardware gaes, di WWDC tahun lalu Apple merefresh iMac dan MacBook, serta mengumumkan iMac Pro. Apple juga mengumumkan iPad Pro model baru dengan advanced display 10.5 inch dan 12.9 inch . Tidak ketingalan pula Apple mengumumkan HomePod Smart Speaker.

Dan di WWDC tahun ini gaes, rumornya bakal diumumkan iPhone SE yang baru, lalu iPad Pro dengan Face ID, yang memiliki layar lebih besar, karena kini tanpa tombol dan minim bezel.

Dan ada rumor juga Apple bakal memperkenalkan MacBook Air dengan retina display, yang harganya nggak jauh beda dengan MacBook Air saat ini. Lalu ada juga Apple AirPower, yang merupakan wireless charging pad untuk iPhone.

Perilisan Developer Beta

Selain itu di event WWDC Apple biasanya langsung merilis versi developer beta dari iOS, macOS, tvOS, dan watchOS di hari yang sama — diikuti dengan public beta beberapa minggu kemudian, dan perilisan finalnya, biasanya sekitar di bulan September.

Nah itulah dia gaes rangkuman prediksi tentang apa yang bakal diumumkan Apple di WWDC 2018. Dan karena event ini tinggal 2 minggu lagi, pastikan nonton live streamingnya pada 4 Juni 2018 jam 12 malam Waktu Indonesia Barat.

Tulis di kolom komentar gaes apa saja yang kamu harapkan diumumkan Apple di event WWDC 2018 ini.

Kunjungi terus MacPoin.com untuk info terbaru seputar Mac, iPhone, dan Apple Device lainnya.