Rumor: TSMC Sudah Mulai Produksi Massal Prosesor 7nm untuk iPhone Terbaru

Apple memang merancang prosesor sendiri untuk mereka gunakan di berbagai perangkat iOS. Sebut saja iPhone, iPad, dan juga iPod Touch. Berbagai produk tersebut menggunakan prosesor yang beda dari seluruh pesaingnya.

Apple juga terkenal memberikan banyak sekali inovasi untuk prosesor buatannya. Salah satu contohnya adalah prosesor A7 yang merupakan prosesor 64-bit pertama untuk smartphone hingga A11 Bionic.

Untuk mewujudkan ambisi Apple tersebut, mereka membutuhkan pemasok pihak ketiga. Salah satu pemasok yaitu TSMC, seperti yang dilansir dari Apple Insider, kabarnya sudah memulai produksi prosesor untuk iPhone generasi terbaru.

Prosesor terbaru tersebut, yang secara tradisi kemungkinan besar akan diberi nama A12 akan menjadi prosesor A series pertama dengan proses 7nm. Sekedar informasi, prosesor A11 Bionic yang dirilis ke iPhone tahun lalu diproduksi dengan proses 10nm.

Penyusutan ukuran tersebut bisa menghasilkan beberapa manfaat. Salah satunya adalah kepadatan transistor yang bisa ditingkatkan yang pada akhirnya meningkatkan penggunaan daya yang lebih efisien.

Meskipun begitu, masih belum jelas seperti apakah fitur baru yang akan dihadirkan di prosesor terbaru untuk iPhone ini. Prosesor Apple untuk perangkat iOS ini memang jarang sekali mendapatkan bocoran fitur baru. Berbagai fitur baru biasanya akan dibeberkan dalam keynote peluncuran iPhone terbaru.

Bagaimana menurutmu mengenai prosesor untuk perangkat iOS terbaru ini?

via Apple Insider

  Fitur Baru iOS 12 Beta 2  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.