Apple Segera Atasi Masalah APFS di Fusion Drive di Mac

Update macOS High Sierra membawa berbagai macam fitur baru di dalamnya untuk komputer Mac dan MacBook. Di antara semua fitur baru tersebut, ada satu fitur yang tidak bisa dinikmati oleh semua pengguna komputer Mac.

Fitur tersebut adalah Apple File System alias APFS. APFS adalah file system baru yang menggantikan HFS+ pada macOS sebelumnya. Hanya saja, fitur ini sejauh ini cuma bisa dipakai di Mac dan MacBook yang menggunakan SSD saja. Sementara Mac yang masih menggunakan Harddisk dan Fusion Drive tidak bisa.

Fusion Drive adalah storage yang terdiri dari Harddisk dan SSD yang ‘digabungkan’ menjadi satu drive. Jadi kamu cuma akan melihat satu drive saja, dan seluruh file akan ditentukan secara otomatis apakah akan disimpan di SSD atau harddisk.

Pengguna Fusion Drive hingga kini masih belum bisa merasakan fitur APFS. Namun dilansir dari MacRumors, Craig Federighi memberikan kabar bahwa pengguna Mac dengan Fusion Drive sebentar lagi akan kedatangan fitur APFS.

Salah satu MacRumors reader, Jonathan mengirim email ke Craig Federighi. Dia bertanya apakah Apple berniat merilis fitur APFS ke Fusion Drive atau tidak. Lalu Craig membalas email tersebut dan menyatakan bahwa Apple akan segera mengatasi masalah APFS ini sesegera mungkin.

Sekedar informasi, Fusion Drive sempat kebagian fitur APFS ini ketika macOS High Sierra Beta dirilis. Entah mengapa fitur ini ditarik di macOS High Sierra final yang dirilis ke publik dan hingga sekarang belum dirilis lagi. Kabarnya waktu itu ada sedikit masalah pada Fusion Drive ketika menggunakan APFS.

via MacRumors

  Fitur Baru iOS 12 Beta 2  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.