Apple Tarik Aplikasi yang Punya Fitur CallKit di App Store China

Pasar China atau Tiongkok memang sangat unik. Hal ini karena berbagai macam peraturan pemerintah yang harus dipatuhi oleh berbagai perusahaan yang ingin berbisnis di negeri tersebut. Tak terkecuali perusahaan besar macam Apple juga harus tunduk.

Salah satu aturan baru tersebut berkaitan dengan fitur dan teknologi yang ada di aplikasi yang dirilis ke App Store regional Tiongkok. Apple kini harus menarik semua aplikasi yang memiliki dukungan teknologi CallKit. Peraturan baru ini dirilis oleh Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi di Tiongkok baru-baru ini.

Apa itu CallKit? CallKit adalah Framework dari Apple yang dikenalkan sejak dirilisnya iOS 10. Dengan menggunakan fitur CallKit ini, para developer aplikasi iOS bisa menggabungkan fitur panggilan telepon dan juga video menjadi panggilan telepon biasa.

Meskipun demikian, Apple tidak langsung menghapus dan menarik aplikasi tersebut secara sepihak. Apple kabarnya mengirim berita ini kepada para developer aplikasi yang memiliki aplikasi di App Store dengan fitur CallKit di App Store regional Tiongkok.

Apple memberikan beberapa pilihan. Para developer aplikasi harus menghilangkan fitur CallKit yang ada pada aplikasi mereka, atau menarik aplikasi tersebut dari App Store region Tiongkok. Salah satu aplikasi yaitu WeChat kini sudah menghapus fitur CallKit.

Apple juga berkali-kali harus “dipaksa” tunduk pada berbagai peraturan di Tiongkok. Beberapa di antaranya adalah menghapus aplikasi VPN di App Store, menghapus aplikasi Skype dari App Store, dan masih banyak lagi.

via 9to5Mac

  3 Cara Update iPhone ke iOS 12 Final  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.