Apple Mulai Bersih-bersih Aplikasi yang Melanggar Aturan di App Store

Akhir-akhir ini, jumlah aplikasi di App Store dilaporkan mengalami penurunan. Hal ini tak lain karena Apple sudah mulai bersih-bersih aplikasi di App Store yang dianggap melanggar peraturan. Aplikasi macam apa sajakah itu?

Aplikasi yang dianggap melanggar di sini adalah aplikasi yang mampu yang bisa membaca lokasi pengguna dan membagikan informasi lokasi tersebut ke perusahaan lain atau pihak ketiga. Dengan kata lain, aplikasi yang benar-benar mencuri informasi lokasi pengguna.

Sebelum dihapus secara paksa oleh Apple, sebenarnya para developer aplikasi terkait tersebut telah diberi tahu bahwa aplikasi yang mereka miliki di App Store akan dihapus karena melanggar aturan dan kebijakan Apple App Store pada pasal 5.1.1 dan 5.1.2. Isi dari pasal tersebut adalah melarang aplikasi membagi informasi lokasi pengguna tanpa izin.

Solusi yang Apple tawarkan adalah para developer harus menghapus framework, kode, dan lain-lain yang melanggar pasal. Selanjutnya, aplikasi bisa diupload untuk ditinjau ulang di App Store.

Keputusan Apple ini memang berkaitan erat dengan kebijakan General Data Protection Regulation (GDPR) yang ada di Uni Eropa sana. Apple memang diklaim selalu fokus pada privasi pengguna, dan mereka selalu berusaha memastikan agar para pengembang aplikasi yang memiliki aplikasi di App Store juga harus menaati aturannya.

Kamu punya aplikasi di App Store juga? Apakah kamu kena imbas dari aturan Apple yang satu ini?

via The Verge

  Ada Apa di Apple WWDC 2018..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.