Review PUBG Mobile di iPhone 5S, Lambat dan Ngelag?

PUBG versi Mobile memang sudah cukup lama dirilis dan sudah dimainkan oleh banyak orang dari seluruh dunia. Mulai dari smartphone Android hingga perangkat iOS, kamu bisa menjalankan dan memainkan game PUBG Mobile ini.

Nah di versi iOS sendiri, iPhone 5S adalah model iPhone paling lawas dan juga memiliki spesifikasi yang paling rendah di antara semua perangkat iOS yang mendukung PUBG Mobile. Lalu bagaimana rasanya memainkan game PUBG Mobile di iPhone 5S ini? Apakah terasa berat, lambat dan penuh lag yang membuat pengalaman bermain game kurang menyenangkan?

Dalam review PUBG Mobile di iPhone 5S kali ini, saya tidak akan mereview game ini secara detail. Saya yakin kalian semua sudah pada tahu game ini beserta cara mainnya. Yang saya review di sini cuma sebatas performa dan juga pengalaman bermain di iPhone 5S, sebagai perangkat iOS paling lawas yang support PUBG Mobile.

 

Performa PUBG Mobile di iPhone 5S

Topik pertama yang akan saya bahas adalah performa. Sekedar informasi, iPhone 5S ‘masih’ menggunakan prosesor Apple A7 dan juga memori RAM sebesar 1GB. Udah kebayang bagaimana performanya?

Di awal-awal rilis dulu, sang pengembang memberikan keterangan bahwa performa PUBG di iPhone 5S masih belum terlalu optimal. Ya, saya juga mengalami masalah ini. Beberapa kali force close juga saya rasakan. Bahkan kadang muncul isu white screen secara acak.

Review PUBG Mobile di iPhone 5S, Lambat dan Ngelag?

Akhirnya versi terbaru dari PUBG Mobile dirilis yang dilengkapi catatan bahwa di versi terbaru memberikan peningkatan untuk perangkat iPhone 5S. Harus saya akui, performa PUBG Mobile di iPhone 5S ini lebih mulus dari yang saya bayangkan.

Di versi terbaru, sudah tidak banyak lagi lag yang terasa. Semua terasa lancar. Namun tentu saja kamu juga harus menggunakan koneksi internet yang cepat juga, karena game ini dimainkan online.

Review PUBG Mobile di iPhone 5S, Lambat dan Ngelag?

Meskipun demikian, saya juga kadang masih mengalami force close ketika membuka game PUBG Mobile ini. Jika dicoba beberapa kali tetap saja force close, maka cara paling cepat untuk membereskan masalah ini adalah dengan restart iPhone, lalu coba mainkan game lagi.

Review PUBG Mobile di iPhone 5S, Lambat dan Ngelag?

Kesimpulannya, untuk urusan performa iPhone 5S memang mampu memainkan game PUBG ini dengan baik. Namun beberapa masalah seperti loading yang lambat dan juga kadang force close semoga saja bisa segera teratasi di update terbaru.

 

Baterai dan Suhu iPhone 5S

Memainkan game ini dalam durasi waktu yang cukup lama tentu saja akan lebih cepat menghabiskan daya baterai. Sejauh yang saya coba, saya jarang bisa memainkan game ini dalam durasi 2 jam karena baterai iPhone sudah hampir habis. Kapasitas baterai iPhone 5S yang kecil jelas sangat tidak cocok untuk memainkan game ini dalam kurun waktu yang lama.

Apalagi jika dimainkan dalam durasi lama secara terus-menerus, iPhone jadi sangat panas. Benar saja, baru juga 5 menitan memainkan game ini, iPhone 5S sudah terasa cukup panas. Jika dimainkan di tempat yang suhunya cukup tinggi, bisa jadi iPhone akan jadi lebih cepat panas. Jadi jika kamu memang berencana untuk memainkan game ini, pastikan di ruangan dengan suhu yang lumayan dingin ya, untuk mencegah iPhone jadi terlalu panas.

 

Dimensi Layar

Layar iPhone 5S memang cuma 4 inch saja. Ini menjadikannya sebagai iPhone dengan layar terkecil yang bisa memainkan PUBG Mobile, bersama dengan iPhone SE. Namun apakah layar 4 inch ini nyaman untuk memainkan PUBG Mobile?

Review PUBG Mobile di iPhone 5S, Lambat dan Ngelag?

Untuk yang satu ini, sepertinya kamu sendiri yang bisa menetukannya. Ada orang yang nyaman, ada juga yang tidak nyaman di layar 4 inch. Untuk saya pribadi, saya kurang nyaman memainkannya di layar 4 inch. Layar 4.7 inch seperti pada iPhone 6, 6S, 7, dan 8 sepertinya cukup seimbang, tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil.

 

Semua Fitur Bisa Dipakai di iPhone 5S?

Untuk versi iPhone 5S ini beberapa fitur tidak bisa dipakai ternyata. Beberapa pengaturan seperti pengaturan grafis High dan High Frame Rate masih tidak tersedia di iPhone 5S. Meskipun keterangannya ‘soon’, namun entah kapan fitur ini akan tersedia.

Review PUBG Mobile di iPhone 5S, Lambat dan Ngelag?

Meskipun begitu, kamu tidak perlu khawatir. Kamu tetap bisa memainkan game ini dengan nyaman meskipun pengaturan grafis Low.

Bagaimana? Kamu pengguna iPhone 5S sudah coba PUBG Mobile?

Bagikan pengalamanmu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter MacPoin 😀

  Ada Apa di Apple WWDC 2018..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.