iPhone 6.1 Inch Kemungkinan Besar Hadir Tanpa 3D Touch

iPhone 6.1 inch yang diisukan akan dirilis tahun 2018 ini adalah salah satu iPhone terbaru yang akan mengusung desain iPhone X. Salah satu keunggulan dari iPhone ini adalah harganya yang terbilang paling murah.

Sebagai iPhone dengan harga murah, tentu saja ada hal yang dikorbankan. Salah satu yang paling santer diperbincangkan adalah penggunaan layar LCD biasa yang bisa menekan harga jual ketimbang layar OLED seperti iPhone X.

Kini ada satu rumor mengenai penekanan harga yang akan dilakukan oleh Apple. Ya, Apple kabarnya tidak akan menghadirkan fitur 3D Touch yang merupakan fitur unggulan iPhone sejak era iPhone 6S dan juga iPhone 6S Plus.

Dengan tidak menggunakan 3D Touch, diklaim bisa lumayan menekan harga. Sebagaimana yang kita ketahui, diperlukan hardware khusus untuk membangun fitur 3D Touch ini.

Meskipun hadir tanpa 3D Touch, namun tetap masih ada kelebihan yang ditawarkan oleh iPhone 6.1 inch ini. Salah satunya adalah teknologi Cover Glass Sensor yang belum pernah ada di iPhone sebelumnya.

Cover Glass Sensor adalah fitur yang mampu memindahkan modul layar sentuh yang ada di display panel ke permukaan kaca yang ada di bagian luar panel. Kabarnya teknologi Cover Glass Sensor ini bisa membuat tampilan layar menjadi lebih cerah dan juga lebih tajam.

Kalau untuk saya pribadi, menghilangkan 3D Touch ini bisa dibilang sangat disayangkan. Mengingat fitur 3D Touch merupakan fitur yang sudah benar-benar menyatu di iOS 11 ini. Jika memang benar akan dirilis tanpa 3D Touch, Apple harus pastikan bahwa harga iPhone 6.1 inch ini harus benar-benar murah dan terjangkau.

via MacRumors

  6+ Perbedaan iOS di iPhone dan iPad  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.