Mengapa Notch iPhone X Banyak Ditiru Smartphone Android?

Ketika Apple resmi memperkenalkan iPhone X, satu per satu produsen smartphone Android langsung ikut-ikutan menirunya. Bahkan kini sudah bisa dibilang hampir semua produsen terkenal sudah memiliki produk unggulan dengan desain iPhone X.

Padahal ketika pertama kali diperkenalkan, desain iPhone X menuai banyak kritikan. Salah satunya adalah Notch yang dianggap sebagai sebuah kegagalan desain, tidak menarik, dan lain sebagainya. Namun seluruh kritikan tersebut tidak menyurutkan produsen smartphone Android untuk meniru desainnya ke produk unggulan terbaru mereka.

Dilansir dari BGR Li Changzhu sebagai salah satu petinggi Huawei membeberkan bahwa Huawei sebenarnya sudah ada konsep yang sama untuk membuat smartphone Android dengan desain iPhone X, termasuk Notch.

Namun sayang, konsep yang sudah diciptakan sejak sekitar 3 tahun hingga 4 tahun yang lalu tersebut tak pernah dipakia dan cuma terpendam dalam bayangan saja. Alasannya adalah karena desain tersebut tidak sesuai dengan kultur dan selera masyarakat yang menyukai desain simetris dan minim lengkungan.

Mereka kaget ketika Apple merilis iPhone X dengan desain yang mirip dengan konsep mereka. Apple dianggap sangat “berani” melakukan ini. Mereka juga pernah berani dengan percaya diri menghilangkan headphone jack 3.5mm yang kemudian ditiru oleh banyak smartphone Android.

Setelah Apple pakai desain iPhone X dengan Notch, satu per satu produsen Android mulai menirunya. Ada juga yang melakukan beberapa variasi agar tidak telihat mainstream. Ada yang menyisipkan Notch yang lebih pendek, lebih kecil, dan lain sebagainya.

Yang menjadi pembeda Notch di iPhone X dan smartphone Android adalah fungsinya. Di iPhone X, Notch berfungsi untuk meletakan kamera depan, berbagai macam sensor, dan lain-lain untuk mendukung teknologi Face ID, sementara di smartphone Android kebanyakan cuma sebagai fungsi estetika saja. Sementara itu, desain layar lebar tanpa tombol Home memang sudah sering diadopsi oleh smartphone Android.

Harga iPhone X yang mahal juga menjadi peluang bagi produsen smartphone Android untuk bisa menyediakan alternatif iPhone X dengan harga murah. Oleh karenanya, mereka membuat smartphone Android dengan desain yang semirip mungkin dengan iPhone X.

via BGR

  Ada Apa di Apple WWDC 2018..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.