Tim Cook dan Donald Trump Bertemu, Bahas Perang Dagang China - Amerika Serikat

Sudah bukan jadi rahasia lagi jika Apple memiliki pabrik perakitan iPhone di Tiongkok. Akhir-akhir ini Presiden Amerika Serikat, Donald Trump memang sedang menabuh genderang perang dagang dengan Tiongkok, yang tentu saja bisa mempengaruhi Apple.

Tanggal 25 April 2018 kemarin, Tim Cook dan Presiden Donald Trump bertemu dan membahas masalah perdagangan luar negeri ini, khususnya mengenai masalah ketegangan perdagangan antara Amerika Serikat dan Tiongkok.

Sebenarnya bukan cuma Apple saja yang akan kena imbas dari masalah ini. Secara umum, setiap pelaku bisnis yang ada di kedua negara juga akan bersiap menghadapi imbasnya.

Imbas dari perang dagang Amerika Serikat dan Tiongkok bagi Apple ini adalah harga berbagai barang seperti iPhone juga akan meningkat. Hal ini tak lepas dari adanya biaya bea tambahan untuk produk yang dikirm dan diterima.

Apple memang dikenal memiliki perakitan iPhone yang sangat besar di Tiongkok. Sementara di Amerika Serikat sendiri, Apple cuma punya beberapa pabrik manufaktur yang bertanggung jawab untuk membuat iMac dan juga Mac Pro.

Kamu pasti sering melihat tulisan “Assembled in China” di belakang iPhone kan? Sebagian besar iPhone yang diproduksi di dunia ini memang dirakit di China. Hal ini tak lepas dari fakta bahwa ongkos perakitan di China memang terkenal lebih murah ketimbang di negara lain.

Bagaimana menurutmu mengenai masalah perang dagang Amerika Serikat dan Tiongkok ini?

via CNBC

  6+ Perbedaan iOS di iPhone dan iPad  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.