Apple Masih Belum Punya Rencana Satukan iOS dan macOS

Isu menggabungkan framework pengembangan iOS dan macOS memang sudah mencuat tahun lalu. Ya, jika rencana tersebut berhasil terealisasi, maka pengembang aplikasi iOS dan macOS bisa lebih mudah membuat satu aplikasi yang bisa berjalan di perangkat iOS dan juga komputer Mac.

Langkah seperti ini sebenarnya sudah pernah dirilis oleh Microsoft. Dengan konsep Universal Windows Platform, Microsoft merilis tool pengembangan kepada para developer agar mereka bisa lebih mudah merilis satu aplikasi yang bisa berjalan di seluruh lingkungan Windows, mulai dari PC, tablet, hingga smartphone.

Apple sepertinya masih tetap tegas mempertahankan iOS dan macOS sebagai entitas yang terpisah. Hal ini semakin dipertegas dengan ucapan Tim Cook akhir-akhir ini kepada Sydney Morning Herald.

Dia mengatakan bahwa Apple masih belum ada rencana untuk melebur iOS dan komputer Mac menjadi satu. Menurutnya, hal ini bisa mematikan salah satu produk dan tentunya hal ini tidak diinginkan Apple.

Penggabungan pengembangan iOS dan macOS memang terkesan membuat semuanya jadi lebih efisien, tetapi tujuan dari Apple dalam hal pengembangan perangkat keras tidak seperti itu.

Tujuan utama dari Apple dalam menciptakan berbagai produk adalah membantu para pengguna memilih produk terbaik yang bisa mereka gunakan sesuai dengan kebutuhannya.

Meskipun demikian, tetap saja banyak pihak beranggapan Apple sedang mengerjakan proyek rahasia yang bisa melebur pengembangan iOS dan macOS. Proyek yang kabarnya diberi kode “Marzipan” tersebut rencananya akan diperkenalkan di tahun 2019.

via Sydney Morning Herald

  Ada Apa di Apple WWDC 2018..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.