via BGR

Mungkin kabar ini tidak begitu mengejutkan jika melihat tren penilaian Consumer Report tahun-tahun belakangan ini. Beberapa hari lalu, Consumer Report memasukkan Samsung Galaxy S9 dan S9+ di peringkat teratas untuk perangkat yang ‘disarankan bagi konsumen’. Minggu lalu, lembaga ini menyatakan bahwa meskipun Galaxy S9 dan S9+ tidak memberikan peningkatan signifikan dibandingkan model sebelumnya, keduanya mendapatkan skor total 81, yang berarti berada di atas S8 Active dan S8 Plus di daftar tersebut.

Flagship dari Samsung tersebut memang rutin masuk puncak daftar dari Consumer Report sementara iPhone meskipun mendapatkan peringkat yang cukup bagus, jarang melebihi perangkat yang dikeluarkan Samsung. Bahkan pada daftar terbaru yang dikeluarkan oleh Consumer Report ini, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus muncul di urutan keenam dan ketujuh, sementara iPhone X mendapatkan slot di peringkat delapan!

“Pilihan smartphone high end dewasa ini hanya masalah preferensi saja,” ujar kepala pengujian smartphone Consumer Report, Richard Fisco, saat diminta konfirmasi terkait peringkat smartphone tersebut.

Ada beberapa alasan mengapa smartphone produk Samsung ini muncul di peringkat paling atas tahun ini. Consumer Report menyoroti durabilitas perangkat tersebut, menyatakan bahwa ponsel S9 memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan pendahulunya saat dilakukan drop test. Keduanya selamat dari sekitar 50 kali pengujian dijatuhkan, dan S9 bahkan mencapai 100 kali dijatuhkan dengan goresan yang sifatnya minor saja.

Kekuatan lain dari S9 ini adalah prosesor Snapdragon 845 yang lebih cepat, kualitas speaker stereonya, serta juga keputusan Samsung untuk membiarkan sensor fingerprint tetap aa untuk konsumen. Meskipun S9 memiliki kekurangan, utamanya dalam hal baterai, Samsung tetap mempertahankan peringkatnya di daftar versi Consumer Report ini.

Bagaimana menurut pendapat kamu? Apakah memang lini S9 ini layak untuk berada di daftar smartphone yang perlu direkomendasikan bagi pelanggan?

 

Sumber: BGR

  Tips Pilihan iOS 12, Wajib Coba!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.