Tutorial Cara Uninstall MacKeeper di Mac dan MacBook

MacKepper adalah salah satu software yang diklaim bisa membersihkan Mac dan MacBook kamu dari berbagai sampah dan junk yang ada di sistem Mac OS X ataupun macOS terbaru. MacKeeper bisa menghapus berbagai file yang membuat kinerja macOS menjadi tidak optimal.

Meskipun klaim dari MacKeeper seperti itu, namun faktanya banyak pengguna MacKeeper yang tidak puas dengan kualitas dari MacKeeper sendiri. Bahkan banyak yang menganggapnya sebagai salah satu malware menyebalkan, meskipun tidak seberbahaya virus atau malware lain.

MacKeeper pertama dirilis ke OS X tahun 2010 oleh pengembang yang bernama Zeobit. Aplikasi ini lalu dijual ke Kromtech Alliance Corp di tahun 2013. Nah di tangan Kromtech inilah MacKeeper berubah.

Pihak Kromtech memilih cara marketing yang sangat menjengkelkan, brutal dan masif. Hal ini tak pelak malah membuat banyak pengguna merasa gerah dengan MacKeeper.

Bahkan yang bukan pengguna MacKeeper juga sering menemukan MacKeeper hadir di link download dari berbagai situs abal-abal. Itu yang menyebabkan banyak yang mengira MacKeeper adalah virus.

Namun sekali terinstal ke Mac dan MacBook kamu, MacKeeper juga tidak akan dengan mudah bisa dihapus seperti layaknya drag and drop ke Trash Can. Kamu perlu cara ampuh untuk menghapus dan uninstall MacKeeper di Mac.

 

Hapus MacKeeper dari Menu Bar Mac

MacKeeper akan muncul di menu bar Mac sebagai salah satu menulets. Kamu bisa akses berbagai macam shortcut dari fitur-fitur yang ada di MacKeeper di sana.

Langkah pertama untuk menghapus MacKeeper dari Mac dan MacBook adalah dengan menghilangkan MacKeeper dari Menu Bar terlebih dahulu.

Caranya sangat mudah. Kamu cukup buka MacKeeper preference lalu hilangkan centang Show MacKeeper icon in menu bar. Tunggu beberapa saat lalu restart Mac dan MacBook milikmu.

 

Uninstall MacKeeper dengan CleanMyMac

Setelah selesai, kamu bisa uninstall MacKeeper secara penuh dengan CleanMyMac. CleanMyMac sudah punya reputasi sebagai salah satu software terbaik untuk membersihkan Mac dari berbagai sampah yang mengganggu.

Tutorial Cara Uninstall MacKeeper di Mac dan MacBook

Sangat ironis memang. Sebuah aplikasi cleaner MacKeeper harus dibersihkan oleh aplikasi cleaner lain CleanMyMac agar proses uninstall menjadi lebih maksimal.

 

Uninstall MacKeeper Extension di Safari

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan adalah cek Extension di Safari. Extension ini biasanya ikut terhapus bersamaan dengan uninstall via CleanMyMac. Namun jika masih ada di Safari, kamu bisa uninstall Extension tersebut secara manual.

Tutorial Cara Uninstall MacKeeper di Mac dan MacBook

Bagaimana? Kamu sudah coba tutorial cara menghapus MacKeeper di komputer Mac di atas?

Bagikan pengalamanmu di kolom komentar ya 😀

  Fitur Baru di iOS 12 Beta 4  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.