Home Review Memilih Aplikasi Mesin Virtual untuk Mac

Memilih Aplikasi Mesin Virtual untuk Mac

Memilih Aplikasi Mesin Virtual untuk Mac

Virtual Machine (mesin virtual) atau yang lebih sering disingkat dengan singkatan VM memungkinkan kamu menjalankan virtualisasi sistem sehingga seolah-olah kamu mempunyai sistem lain dalam sebuah sistem. Misalnya, kamu ingin memasang Windows dalam sistem operasi OS X, maka kamu membutuhkan alat untuk membuat VM tersebut.

Kelebihan dari menjalankan mesin virtual tersebut adalah kamu tidak perlu mematikan komputer untuk beralih dari satu sistem operasi ke sistem operasi yang lain.

Nah, OS X memiliki beberapa pilihan untuk menjalankan VM. Untuk tulisan kali ini kita akan membahas tiga saja aplikasi yang memungkinkan kita membuat mesin virtual, yakni Parallels, Fusion, dan VirtualBox.

Fusion

Aplikasi ini bernama lengkap VMWare Fusion. Kamu bisa menjalankan berbagai macam sistem operasi seperti Windows hingga berbagai distro Linux. Proses pemasangan sistem operasi virtual di Fusion sangat mudah. Bahkan kamu bisa mendapatkan proses “Easy Install” yang memungkinkan kamu memasang sistem operasi secara langsung. Misalnya jika kamu memasang Windows kamu akan melewati berbagai langkah next – next – next hingga memasukkan serial. Dengan easy install, kamu cukup mengklik pilihan “Easy Install” lalu biarkan Fusion melakukan sisanya.

Memilih Aplikasi Mesin Virtual untuk Mac

Yang saya suka dari Fusion selain karena kemudahannya adalah karena performanya. Kamu bisa menjalankan Windows dengan sangat mulus. Bahkan ketika di mesin virtual lain membutuhkan peningkatan 3D Acceleration, kamu bisa mengkonfigurasikan dengan sangat mudah di Fusion.

Download – Fusion    

Parallels

Parallels menawarkan mesin virtual yang bagus. Kamu bisa menjalankan Windows di Mac tanpa melakukan restart atau reboot. Selain itu, kemudahan Parallels dalam membuat dan mengorganisir berbagai mesin virtual juga sangat bagus. Kinerja Parallels juga bisa dibilang sangat bagus.

Memilih Aplikasi Mesin Virtual untuk Mac

Salah satu keunggulan yang paling membedakan dari yang lainnya adalah, kamu bisa menjalankan aplikasi langsung dan berjalan seolah-olah di OS X, bukan di Windows. Jadi secara sekilas, aplikasi Windows bisa berjalan secara mandiri di OS X meskipun sebenarnya itu menggunakan mesin virtual.

Memilih Aplikasi Mesin Virtual untuk Mac

Download – Parallels  

VirtualBox

Aplikasi terakhir untuk membuat mesin virtual adalah VirtualBox. Bisa dibilang aplikasi ini adalah aplikasi paling populer karena lisensinya yang gratis sehingga sangat disukai. Kebanyakan sekolah dan universitas juga memberikan materi berupa penggunaan VirtualBox. VirtualBox juga berstatus Open Source sehingga bisa dikembangkan oleh banyak orang.

Memilih Aplikasi Mesin Virtual untuk Mac

Namun yang kurang diminati dari kemampuan VirtualBox di sini adalah kinerjanya yang kadang tidak sebagus mesin virtual yang lain. Bahkan untuk menjalankan beberapa distro linux saja masih bisa dibilang sangat lambat. Meskipun begitu, VirtualBox tentu masih bisa kamu andalkan untuk penggunaan sehari-hari.

Download –VirtualBox

 Sebagai perbandingan kinerja dari ketiga mesin virtual tersebut, berikut ini adalah perbandingannya sekaligus perbandingan dengan menjalankan sistem operasi dengan menggunakan Boot Camp (Dual Boot sebagai mesin asli, bukan mesin virtual).

Memilih Aplikasi Mesin Virtual untuk Mac

Memilih Aplikasi Mesin Virtual untuk Mac

Kalau saya pribadi sih lebih suka menggunakan Windows sebagai mesin asli via Boot Camp. Kalau kamu?

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong